Pertamina Cerdas Bantu Sekolah Tapal Batas "The Best Philanthropy"

Indonesia's Best Corporate Social Initiatives 2018

Sekolah Tapal Batas berperan penting untuk mencerdaskan anak-anak Indonesia di daerah perbatasan. Mengingat lokasinya di kawasan terluar, terdepan, dan tertinggal (3T), tak mustahil jika kondisi sekolah memprihatinkan.

Hal itulah yang mendorong PT Pertamina (Persero) membantu Sekolah Tapal Batas Darul Furqan yang berada di Dusun Kampung Baru, Desa Sungai Limau, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Sekolah Tapal Batas adalah inisiatif sosial Pertamina yang menopang pilar pendidikan atau disebut sebagai Pertamina Cerdas di bawah payung program Pertamina Sobat Bumi.

Sekolah didirikan oleh Suraidah pada 2014, dengan fokus pada pemberantasan buta aksara, memberikan pendidikan bagi anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan pendidikan pemberdayaan usaha mandiri bagi masyarakat Sebatik. Selain mendapat pendidikan umum, anak-anak di sekolah ini juga diajarkan pendidikan keagamaan.

Suraidah mengakui persoalan awal pendirian sekolah tapal batas adalah jauhnya jarak tempuh dari rumah siswa ke sekolah. Bahkan, ada yang berdomisili di wilayah Malaysia. Setiap hari murid harus berjalan kaki ke sekolah yang jaraknya cukup jauh. “Saya mendirikan rumah panggung dari kayu sebagai asrama. Anak-anak yang tempat tinggalnya jauh bisa menginap di sana,” ujar Suraidah, penerima penghargaan dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-Pancasila) 2017.

Pertamina EP Asset 5 Field Tarakan, anak usaha PT Pertamina, mulai berkolaborasi dengan sekolah tapal batas pada 2015. Sejumlah bantuan diberikan untuk sekolah ini seperti pakaian seragam, sumur bor, colar cell system, dan gedung asrama putri.

Dibantu oleh kader-kader dari TKI yang memenuhi syarat kualifikasi pendidikan untuk menjadi tenaga pengajar, sekolah tersebut akhirnya melembaga dengan mewadahi pendidikan formal maupun non-formal yang meliputi PAUD, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Diniyah (MD), Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C, Pendidikan Keaksaraan Fungsional (KF), baik dasar maupun mandiri.

"Pertamina EP juga berkomitmen untuk terus membantu sekolah tapal batas Sebatik. Peran sekolah ini sangat strategis dalam membantu mencerdaskan anak-anak Indonesia yang berada di wilayah perbatasan," kata Chalid Said Salim, Direktur Operasi Pertamina EP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)