Program Volunteering BNI Gali Potensi Bisnis "The Best Employee Volunteering"

Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan program employee volunteering di mana karyawan mendedikasikan waktu dan keahliannya untuk melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat/komunitas, serta membangun social business partnership. Kegiatan sosial ini dilakukan dengan memanfaatkan sebagian waktu cuti karyawan.

Semua pegawai BNI mendapat kesempatan untuk sukarela mendaftarkan diri menjadi volunteer dan memilih lokasi yang diinginkan. Hal ini merupakan bagian untuk meningkatkan work and life balance sekaligus sejalan dengan misi ke-3 dan ke-4 perusahaan, yaitu menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat kebanggaan karyawan untuk berkarya dan berprestasi, serta meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab sosial terhadap lingkungan dan komunitas.

Pada batch I program Employee Volunteering yang diluncurkan pada medio 2017 lalu terpilih 20 lokasi program, meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat (Bogor, Depok, Indramayu, Majalengka, Bekasi), Banten (Tangerang), Jawa Tengah (Wonosobo), serta Rumah Edukasi TKI, dan Kalimantan. Lokasi kegiatan berada di 16 sekolah (SD, SMP dan SMA), Rumah Edukasi TKI di Lombok Timur, Shelter Desmigratif (Wonosobo), dan Kantor BP3TKI Ciracas (Jakarta Timur).

Salah satu sekolah lokasi volunteering, yaitu sekolah SMP yang berada di daerah remote yang berbatasan dengan Kuching-Malaysia. Hal ini sejalan dengan konsep Nawacita yang dicanangkan pemerintah bahwa untuk membangun Indonesia perlu membangun dari pinggir dan kawasan perbatasan.

Sejak program dibuka, antusias pegawai BNI untuk berpartisipasi sangat tinggi melebihi kuota. Untuk batch-batch selanjutnya akan bergulir ke waktu yang telah disepakati antara BNI dengan sekolah/lembaga yang bekerjasama dalam program dan diikuti oleh karyawan BNI lainnya. Mereka dapat memilih lokasi dalam melaksanakan volunteer.

Para karyawan pun harus mampu menggali potensi bisnis yang ada di lokasi tempat pelaksanaan program karena tidak tertutup kemungkinan dari kegiatan volunteering ini dapat menghasilkan potensi bisnis bagi perusahaan.

Tags:
BNI volunteer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)