Sejahterakan Warga melalui PRISMA "The Best Philanthropy"

Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018

Mengusung program Promoting Sustainable Integrated Farming, Small Enterprise Cluster and Microfinance Access (PRISMA), Chevron berupaya mencetak petani, dan pengusaha kecil, menengah dan mikro (UMKM) di wilayah operasi Chevron yang tangguh, memiliki daya saing, dan usaha berkelanjutan.

Tidak hanya itu, program PRISMA juga menghasilkan multiplier effect berupa penciptaan lapangan kerja dan mendorong peningkatan produktivitas sumber daya manusia. Implementasi program bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Cipta.

Beberapa keberhasilan program diantaranya ”Sakai Integrated Farming” yang sukses mengubah tradisi ladang berpindah petani Sakai di Riau menjadi petani menetap. Mereka juga diajarkan tentang pertanian terpadu melalui pelatihan cara beternak dan memelihara ikan. Pada 2013 didirikan koperasi untuk warga. Kini petani Sakai merasakan sosial ekonomi meningkat setelah sukses mengelola ikan, bebek, di samping bertani di sawah.

Manfaat lain program PRISMA adalah lebih dari 800 petani di Darajat, Jawa Barat, mendapatkan manfaat dari program pemuliaan domba terpadu, yang meliputi pelatihan teknis penggemukan sapi, pengelolaan limbah, biopestisida dan biogas serta pembiayaan mikro.

Di Balikpapan Chevron membantu sebuah kelompok untuk penyandang disabilitas dan wanita melalui pemberian pelatihan, peralatan, materi dan bantuan pemasaran untuk menghasilkan produk-produk batik yang ramah lingkungan. Bantuan serupa dalam pembuatan batik juga ditawarkan kepada sekelompok wanita di Rumbai melalui pendirian Rumah Batik Cempaka. Termasuk pelatihan mengelola sampah menjadi produk kerajinan seperti tas, bunga plastik, dan dompet bagi ibu-ibu di tiga kabupaten di Kalimantan Timur.

Chevron juga membantu mendirikan pusat UMKM di Rumbai, Duri, Garut, Balikpapan dan Penajam Paser Utara, yang berfungsi sebagai rumah perdagangan dan pusat konsultasi bisnis untuk lebih dari 400 usaha mikro dan kecil. Hingga 2016 lalu, pusat usaha kecil dan menengah binaan Chevron telah mengikuti 10 pameran dagang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)