Begini Cara Adira Perkuat Bisnis Syariah

Adira Finance makin menguatkan produk-produk pembiayaan berbasis syariah. Dalam waktu dekat mereka akan segera meluncurkan produk baru bernama Insan Syariah Haji dan Umroh. Produk tersebut akan memberikan kemudahan untuk masyarakat yang ingin melakukan ibadah Haji maupun Umrah dengan menggunakan pembiayaan syariah untuk paket umrah dan haji plus serta Pembiayaan Uang Muka untuk Haji Reguler. Demikian dikemukakan oleh Direktur Utama Adira Insurance, Indra Baruna, dalam talkshow bertema “Perkembangan Layanan Keuangan Berbasis Syariah di Indonesia” yang diadakan di Crowne Plaza, Jakarta, Rabu (8/6) kemarin.   Produk ini melengkapi Travellin Syariah, asuransi perjalanan berbasis syarih untuk perjalanan umroh dan haji yang juga tengah dikembangkan. Travellin Syarih merupakan merupakan pengembangan dari produk asuransi konvensional “Travellin” yang sudah berjalan selama 3 tahun dengan tujuan untuk melindungi perjalanan pelanggan baik ke dalam maupun ke luar negeri.   Travellin Syariah memberikan 3 jaminan utama yaitu kecelakaan dalam perjalanan (seperti meninggal dunia atau cacat tetap); sakit dan cedera dalam perjalanan (seperti santunan rawat inap karena sakit atau kecelakaan, biaya pendampingan keluarga, dan biaya repatriasi); serta ketidaknyamanan dalam perjalanan (seperti penggantian biaya akibat penundaan dan pembatalan perjalanan, keterlambatan penerbangan dan kedatangan bagasi, serta kehilangan bagasi).   Dalam memasarkan “Travellin Syariah”, Adira Insurance telah bekerja sama dengan dua asosiasi biro perjalanan yang membawahi ratusan travel agent untuk haji dan umroh di Indonesia. Asuransi perjalanan syariah ini juga berkesinambungan dengan Peraturan Menteri Agama No. 18 tahun 2015 pasal 10, 14, dan 16 tentang Penyelenggaraan Ibadah Umroh serta Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI no. 39/DSN-MUI/2002 tentang Asuransi Haji dimana asuransi haji yang dibenarkan syariah adalah asuransi berdasarakan prinsip-prinsip syariah.   “Selain asuransi perjalanan, Adira Insurance Syariah juga tetap mengembangkan produk-produk asuransi berbasis syariah lainnya di lini bisnis mikro dan ritel. Produk-produk berbasis syariah yang juga terus kami kembangkan seperti Amanah Mikro, Salaam Card, Salaam Sehat, dan beberapa produk lainnya,” ujar Direktur Utama Adira Insurance, Indra Baruna.   Bukan hanya itu. Untuk lebih memperkuat bisnis syariahnya, papar Director and Chief Sales & Distribution Adira Finance, Hafid Hadeli, Adira masih memiliki 6 produk baru yang juga akan diluncurkan secara bertahap. Masing-masing adalah Mitra Insan Syariah, dimana pada produk ini Adira Finance Syariah bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) untuk membantu memasarkan produk. Terdapat juga produk Insan Syariah Usaha, yaitu pembiayaan Adira Finance Syariah yang digunakan untuk usaha baik modal maupun pengembangannya. Ketiga, Insan Syariah Rencana yang digunakan untuk membiayai pendidikan dan pelatihan, biaya kesehatan, dan renovasi rumah. Lalu ada Insan Syariah Manfaat yang merupakan pembiayaan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan yang terkait pernikahan, dan lain-lain. Kelima, Insan Syariah Hikmah yang merupakan pembiayaan Adira Finance Syariah yang digunakan untuk keperluan wisata syariah konsumen. Dan terakhir Insan Syariah Persona yang merupakan pembiayaan barang dengan tujuan non produktif seperti Hand Phone, barang elektronik, gadget, furniture, dan lain-lain. logo adira syariah Pertumbuhan pembiayaan baru syariah di Adira Finance tumbuh 90% menjadi Rp4,5 triliun, dan memberi kontribusi 15% pada total pembiayaan baru Perusahaan sepanjang 2015. Secara keseluruhan, pembiayaan syariah memberikan kontribusi sebesar 12% pada piutang pembiayaan yang dikelola atau Rp5,4 triliun pada akhir tahun 2015. Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama Adira Finance, Willy S. Dharma mengatakan, bahwa pencapaian yang berhasil dilakukan Adira Finance Syariah pada 2015 lalu membuktikan bahwa permintaan masyarakat atas pembiayaan berbasis syariah sedang meningkat. “Tentu saja kebutuhan ini harus kami fasilitasi sebaik mungkin dengan cara memberikan layanan dan produk unggulan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tegasnya.
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
CSR Ramadhan Ala Unilever Home Care

  Menyambut bulan suci Ramadhan, PT Unilever Indonesia Tbk. melalui brand-brand kategori Home Care seperti Superpell, Vixal, Rinso, dan Molto,...

Close