Achmad Alkatiri Makin Jatuh Hati dengan Digital Marketing

Dunia digital sepertinya sudah menjadi gairah sekaligus mendarah daging bagi Achmad Alkatiri. Sejak duduk di bangku kuliah misalnya, ia sudah begitu akrab dengan social media. Menariknya, social media tak hanya dimanfaatkan Achmad untuk urusan probadi, melainkan juga untuk penyaluran hobby. Itu sebabnya, pada tahun 2009, ia turut serta sebagai penggerak dalam kampanye digital #IndonesiaUnite.

Kecintaannya akan dunia digital-lah yang akhirnya membuat Achmad bermuara di bidang digital marketing. Lulusan Telkom Institute of Management itu bercerita bahwa karirnya di dunia digital marketing dimulai sebagai Project Manager di Think Web, pada tahun 2010. Kala itu, ia menangani salah satu perusahaan FMCG (Fast Moving Consumer Goods) besar di Indonesia.

Selanjutnya, pada tahun 2011, ia memutuskan untuk bergabung dengan Wego.com. “Saat itu, saya diberi kesempatan untuk mengembangkan diri dan pengetahuan mengenai digital marketing hingga Asia Pacific & Middle East level. Sejak saat itu, saya mulai secara perlahan dan rutin belajar sekaligus merambah ke berbagai digital marketing lainnya di luar social media dan konten,” paparnya.

Tak tanggung-tanggung, sejumlah prestasi berhasil dipetik Achmad ketika membesarkan Wego. Antara lain, Wego memenangkan pernghargaan Best Social Media Strategy Award at Eye for Travel Social Media and Mobile in Travel Asia Awards 2012 serta Indonesian Netizen Brand Choice Award 2017.

Komitmen Achmad untuk terus melatih diri menjadi seorang pemasar yang handal yang memahami semua aspek digital marketing, tak sia-sia. Ia pun dipinang oleh Accorhotels sebagai Senior Manager Digital Marketing untuk Singapore, Indonesia, dan Malaysia, sebelum akhirnya ia menjajaki retail marketplace berbasis e-commerce.

Keputusannya hijrah ke dunia e-Commerce bukan tanpa alasan. Menurutnya, potensi e-commerce di Indonesia sangat besar. Artinya, tidak hanya sebagai pasar, namun juga sebagai pelaku aktif dalam ekosistem digital, termasuk e-Commerce. Adalah Shopee pun menjadi tempat awal Achmad berkarir di dunia e-Commerce. Selanjutnya, pada Agustus 2017, ia memilih hijrah ke Lazada untuk menempati posisi SVP Community & PR Lazada Indonesia.

“Shopee adalah perusahaan yang luar biasa dan saya belajar begitu banyak di sana. Meninggalkan Shopee adalah sebuah keputusan yang berat, apalagi mengingat saya telah ikut serta sejak awal sekali. Butuh enam bulan lamanya untuk mengambil keputusan ini. Alasan utama kepindahan saya adalah untuk bisa terus belajar,” ungkapnya beralasan.

Lazada dengan masuknya Alibaba, diyakini Achmad, akan memberikan peluang kepadanya menjadi marketeer yang jauh lebih handal. “Saya bisa belajar langsung kepada sang dewa e-commerce. Ini adalah kesempatan untuk saya mengembangkan diri lebih jauh lagi. Alasan ini yang kemudian menjadi dasar dalam mengambil keputusan ini,” lanjutnya.

Sebagai pendatang anyar di Lazada, Achmad telah menelurkan salah satu program yang masih berjalan hingga saat ini, yakni program #upgradeUKM yang dikemas roadshow ke beberapa kota. Melalui program tersebut, Lazada bersama dengan sejumlah mitra akan menyapa langsung komunitas penjual/wirausaha di 11 kota di Indonesia untuk mendengarkan keluhan mereka dan berdiskusi dengan mereka akan kemungkinan dan peluang yang ada ke depannya.

Lantas, apa target Achmad di Lazada? “Ambisi saya adalah untuk lebih mendekatkan brand Lazada ke orang-orang Indonesia di seluruh Indonesia. Sebagai anak daerah yang berasal dari Maluku, saya ingin membantu mereka yang ada di pelosok untuk bisa menjangkau barang-barang kebutuhan dan keingian mereka secara mudah lewat online shopping,” jawabnya.

Tidak hanya itu, ia juga ingin membantu upgrade berbagai UKM (Usaha Kecil Menengah) di daerah. Jika pemerintah saat ini terus mendorong pembangunan infrastruktur sehingga tumbuh titik-titik baru perekenomian Indonesia, maka Lazada ingin memainkan perannya untuk menumbuhkan titik-titik virtual ekonomi baru di seluruh Indonesia.

“Sebagai tahap awal, saat ini Lazada memulai #UpgradeUKM Roadshow ke total 36 kota di Indonesia hingga akhir 2018. Selain itu, saat ini Lazada juga memiliki program Gratis Ongkir ke seluruh Indonesia guna memudahkan teman-teman di daerah dalam membeli barang secara online,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Strategi Branding Aqua dengan Kanal Digital: Website Interaktif “Bagaikan Air”

Tantangan Bisnis Pada 2015 lalu, Asosiasi Perusahaan Air Minum dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN) mengutarakan bahwa total produksi nasional AMDK mencapai...

Close