Debby Resnatari Sulit Berpaling dari Dunia Hospitality

Dunia hospitality tak pernah dapat dipisahkan dari Debby Resnatari. Sejak duduk di bangku SMA, perempuan kelahiran Ujung Pandang-Sulawesi itu sudah mantap memilih kampus perhotelan yang notabene sarat akan dunia hospitality. Oleh karena itu, setelah tamat SMA, Debby memilih masuk ke Akademi Pariwisata NHI Bandung.

Debut pertama Debby di industri perhotelan pasca lulus kuliah adalah Hotel Alila Jakarta. Selanjutnya, ibu dari Ila (15 tahun) dan Ihan (5 tahun) tersebut berkarir di Hotel Shangri la Surabaya, Ibis Surabaya, dan sejak tahun 2014 hingga sekarang bergabung dengan Ibis Styles Bali Petitenget. Keputusannya hijrah ke Bali, lantaran sang suami yang juga bergelut di dunia hospitality pindah pekerjaan ke Bali. “Itu sebabnya, saya memutuskan bergabung dengan Ibis Styles Bali Petitenget,” ceritanya.

Sepak terjangnya di dunia hospitality membuat Debby dipercaya sebagai salah seorang tim yang membidani lahirnya Ibis Styles Bali Petitenget. Posisi awal Debby di sana adalah sebagai Operation Manager. Kini, ia dipercaya menempati posisi Hotel Manager Ibis Styles Bali Petitenget. “Saya selalu suka industri perhotelan karena dunianya terhitung dinamis. Selalu ada hal-hal baru dan tantangan baru di sana,” paparnya.

Tepat, Februari 2016, Hotel Ibis Styles Bali Petitenget diluncurkan. Sebagai pendatang baru, hotel di bawah manajemen Accor itu sudah mampu mencetak rata-rata okupansi hingga 60-70%. Salah satu strategi yang membuat Ibis Styles Bali Petitenget direspon positif oleh pasar adalah pendekatan Public Relations (PR) lewat media, blogger, maupun selebgram.

“Kami mengundang media, blogger, maupun selebgram dari dalam maupun luar negeri untuk merasakan sekaligus me-review hotel kami. Dalam waktu dekat misalnya, kami akan kedatangan media dan blogger dan Singapura untuk merasakan serta me-review Ibis Styles Bali Petitenget,” terang Debby.

Selain itu, ia juga massif membangun brand awareness Ibis Styles Bali Petitenget lewat social media. Di antaranya, dengan menggelar program rutin di own social media Ibis Styles Bali Petitenget, seperti Facebook, Instagram, dan Path.

Sementara itu, demi mengukur kepuasan para tamu yang pernah menginap, Ibis Styles Bali Petitenget juga menghadirkan Guest Review Online. Tak tanggung-tanggung, pengelolaan dilakukan langsung oleh Debby. Ia juga yang membuat tanggapan atau respon dari setiap pertanyaan yang masuk ke Guest Review Online.

Bagi Debby, langkah itu menjadi penting, karena hampir mayoritas para traveler saat ini sangat mempertimbangkan review online dari para tamu sebelumnya terkait destinasi maupun hotel yang mereka pilih. Terbukti, sejumlah tamu yang menginap di Ibis Styles Bali Petitenget mengaku memilih karena melihat review online. “Syukurnya, Guest Review Online tentang Ibis Styles Bali Petitenget, mayoritas positif. Komentar positif tentang hotel kami dapat dilihat secara online di TripAdvisor,” tutur Debby.

Sebagai ibu bekerja, diakui Debby, ia harus mampu berbagi waktu dengan keluarganya. Oleh karena itu, akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu dijadikan sulung dari tiga bersaudara itu sebagai family day. "Biasanya, saya menemani anak mengaji atau kursus di pagi hari. Saya pun  ikut mengaji. Setelah itu, kami menghabsikan waktu bersama di tempat-tempat yang memang sudah ditentukan oleh anak-anak," ia menutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Inilah Para Jawara “Indonesia Best eMark Award 2017”

Telkom University berkerja sama dengan Majalah SWA-Business Digest kembali menggelar perhelatan “Indonesia Best eMark Award 2017” untuk yang ketiga kali....

Close