Denny Santoso, Antara Entrepreneurship dan Digital Marketing

Entrepreneurship dan digital marketing menjadi dua hal yang tak terpisahkan bagi Denny Santoso. Sejak duduk di bangku sekolah misalnya, jiwa entreprenuership-nya telah terbangun, yakni dengan menyambi berjualan CD games—yang kala itu tengah booming. Alumnus Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia tersebut, selanjutnya memilih untuk merintis bisnis suplemen kesehatan, persis ketika ia tengah kepincut dunia fitness. Saat menekuni dunia fitness, tepatnya di tahun 2008, Denny pun mulai berkenalan dengan dunia digital marketing.

Enam belas tahun berkarir di industri suplemen kesehatan dan fitness, Denny tercatat sukses mengembangkan ekosistem sekaligus solusi terintegrasi untuk industri fitness. Bahkan, ia juga berhasil melahirkan e-Commerce Sportindo.com dengan lebih dari 1.000 jaringan offline, portal DuniaFitness.com, bisnis dengan sistem dropship lewat Supplier.id, hingga paling anyar merilis DigitalMarketer.id.

Diakui pria kelahiran Malang itu, inti dari digital marketing adalah membangun sistem yang dapat bekerja secara otomatis sekaligus menghasilkan uang. “Sistem yang bagus tentu saja sistem yang bermanfaat bagi konsumen. Oleh karena itu, saya membangun situs untuk pertama kalinya, yakni www.panduandiet.com. Situs ini dapat membantu orang-orang dalam menyelesaikan masalah berat badan. Melalui portal ini, saya mengedukasi konsumen tentang pola makan, latihan beban, hingga penggunaan suplemen untuk membangun penurunan berat badan,” ia bercerita.

Menurut Denny, untuk tetap eksis dan berkembang, startup maupun incumbent (pemain lama) perlu melakukan pembelajaran sekaligus inovasi yang berkelanjutan. Mengingat, teknologi terus berkembang dengan sangat cepat dan kebiasaan konsumen pun turut bergeser. “Sejatinya, perkembangan teknologi saat ini sangat memudahkan siapapun untuk mulai berbisnis,” ungkapnya.

Meski mencatat sederet sukses, diakui pria yang baru saja meluncurkan buku ketiganya yang berjudul “Done is Better than Perfect” itu, bukan berarti ia tak pernah gagal. Ia pernah memulai bisnis online dengan bermain saham. Sayangnya, bursa saham tumbang dann modalnya pun tak berkelanjutan. Untuk itu, ia memutuskan untuk mencari peluang lain, yang akhirnya membawa Denny ke dunia digital marketing.

“Pada intinya, keluarga adalah faktor terpenting yang membentuk kepribadian saya dan membangun mental sukses dalam diri saya. Keluarga-lah yang membuat saya dapat sukses seperti sekarang. Filosofi 3F, yakni Family, Fitness, dan Freedom merupakan tiga hal utama yang saya pegang teguh dalam menjalankan bisnis,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa keluarga atau Family adalah poros hidup, di mana setiap keputusan besar yang akan diambil harus selaras dengan keluarga. Sementara itu, Fitness adalah saat tubuh sehat, maka berbagai aktivitas dapat ia jalankan secara optimal. Adapun Freedom adalah bicara tentang kebebasan waktu dan keuangan, di mana ia dapat melakukan apa saja dan di mana saja.

Dikenal sebagai salah satu digital marketer yang berpengaruh di Tanah Air, Denny tentu saja memiliki blog personal, yakni DennySantoso.com. Blog itulah yang membuat dirinya makin dekat dengan para follower-nya. Sejatinya, melalui blog pribadinya itu, ia dapat mengupas hal-hal yang lebih personal tentang dirinya--baik dalam format artikel maupun video--hingga isu tentang digital marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Setelah Program Pendampingan, Pacific Place Donasikan Gerobak Motor kepada Bank Sampah Lavender

Komitmen Pacific Place terhadap lingkungan kembali diwujudkan lewat donasi satu unit Gerobak Motor untuk mengangkut sampah. Donasi tersebut diserahkan langsung...

Close