Gairah Surya Bhirawa pada Transformasi Bisnis Berbasis Inovasi

Lebih dari dua dekade berkarir di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG), perbankan, dan energi, pada September 2017 Surya Bhirawa memutuskan untuk bergabung di industri B2B e-commerce milik Lippo Digital, yakni Mbiz.co.id. Lippo pun mempercayakan lulusan Institut Teknologi Surabaya itu menempati posisi Vice President Commercial Mbiz.co.id.

Diakui Surya, baik saat berkarir di British American Tobacco (BAT) Indonesia, HSBC, Mondelez, PZ Cussons, Philip Morris Indonesia, Chevron, hingga saat ini di Mbiz.co.id, memiliki satu kesamaan, yakni memiliki proyek transformasi bisnis yang berfokus pada inovasi.

"Solusi bisnis yang ditawarkan Mbiz.co.id sangat tepat bagi perusahaan yang ingin dan sedang bertransformasi ke digital. Solusi berupa platform digital dari Mbiz.co.id mampu menyederhanakan proses bisnis, melakukan monitoring secara transparan, konsumsi waktu yang lebih efesien, efesiensi Sumber Daya Manusia, efesiensi bujet, dan lebih produktif," paparnya.

Baru dirilis pada akhir 2015 lalu, diakui Surya, Mbiz.co.id memang masih harus melakukan edukasi ke market, baik perusahaan besar maupun perusahaan berskala UKM (Usaha Kecil Menengah) yang rencananya juga akan disasar Mbiz.co.id. "Saat ini, kami memang masih menyasar perusahaan besar, baik swasta maupun BUMN. Mereka yang sudah memanfaatkan solusi dari Mbiz.co.id antara lain Unilever, Multi Bintang, Mondelez, Combiphar, Nutrifood, APLcare, Philip Morris, hingga Lippo Group yang merupakan captive market," tuturnya.

Persaingan di industri B2B e-Commerce memang sudah terbangun. Namun, menurut Surya, yang membedakan Mbiz.co.id dengan perusahaan sejenis adalah dari sisi total solusi yang ditawarkan. "Dengan platform Mbiz.co.id, perusahaan dapat memesan sejumlah item sekaligus ke berbagai vendor. Selain itu, kami juga memiliki kelengkapan kategori, hingga 11 kategori. Di antaranya, otomotif, agriculture, elektronik, general goods, lifestyle dan apparel, services, hingga Information and Technology," pungkasnya.

Hasilnya, pertumbuhan penjualan Mbiz.co.id tercatat eksponensial. Setiap kuartal, pertumbuhannya mencapai lebih dari dobel digit. Guna mempertahankan sekaligus meningkatkan pertumbuhan penjualan Mbiz.co.id, sejumlah strategi pun dicanangkan sekaligus dilancarkan.

"Kami melakukan edukasi kepada para vendor maupun user, baik dalam bentuk vendor gathering maupun sosialisasi kepada para user yang menggunakan platform e-procurement Mbiz.co.id. Kami juga melakukan edukasi lewat newsletter," ucapnya.

Surya juga pernah mencatat prestasi dalam transformasi, inovasi, dan business development serta meraih berbagai penghargaan. Antara lain, Best Trade Marketing Execution dari Hewlett Packard Inc. Asia Pacific and Japan Region pada tahun 2015; Value in Action Award dari Mondelez Int. Indonesia tahun 2014; Living by the Clock Award pada tahun 2013 dari Global Mondelez International; dan Best RSM 2012 – EBM dari Mondelez Int. Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)