Intan Vidiasari, Sosok di Balik Popularitas dan Reputasi Mitsubishi

Pamor sekaligus popularitas Xpander yang penjualannya di bulan Januari 2018 lalu nyaris menyalip sang incumbent, Avanza, tak lepas dari tangan dingin Intan Vidiasari, Head of PR & CSR PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia--selaku produsen Xpander. Perempuan yang juga membidani lahirnya Divisi Public Relations (PR) di Mitsubishi pada 2003 lalu itu bahkan mampu membawa Mitsubishi memperoleh sederet penghargaan bergengsi "PR of the Year" dari berbagai media otomotif nasional.

Diceritakan Intan, PR merupakan pekerjaan sekaligus profesi yang unik. Ekspertisnya pun unik. "Kami harus membangun hubungan dengan semua stakeholder, termasuk media. Dan, di era digital seperti sekarang, kami juga harus membangun hubungan dengan Key Opinion Leader atau influencer. Baik media dan influencer mampu menciptakan Word of Mouth (WOM) positif bagi brand atau perusahaan. Termasuk, mendorong konsumen untuk mempertimbangkan dan membeli kendaraan," paparnya.

Oleh karena itu, ia pun memilih pendekatan ke media dan influencer secara berkelanjutan dan intim dalam membangun brand awareness Xpander. "Xpander merupakan salah satu produk andalan Mitsubishi. Untuk itu, kami memutuskan membuat strategi terintegrasi mulai dari Pre launch sejak 2016, launching di 2018, hingga post launching. Pada saat pre launch, kami mensosialisasikan XM Concept Xpander yang juga kami roadshow-kan di berbagai kota. Pre launch dilakukan di pameran otomotif GIIAS 2016," kisah Intan, yang mengaku kesuksesannya dalam membangun pamor Xpander tak lepas dari kerja keras tim dan kekompakan dengan divisi lain seperti Divisi Marketing.

Selanjutnya, pada saat launching, Xpander menggelarnya di ajang GIIAS 2017 sekaligus local launching di berbagai kota di Indonesia. Pada kesempatan itu, Intan senantiasa melibatkan media, influencer, diler, dan para calon pembeli prospektif. Memasuki tahap post launching, lulusan Fakultas Ilmu dan Komunikasi Universitas Sahid jurusan Hubungan Masyarakat itu memilih berbagai program brand xperience, seperti test drive dan factory visit.

Hasilnya? Merujuk data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pada sepanjang Januari 2018, penjualan Xpander sudah hampir mendekati merek Toyota Avanza. Pada periode tersebut, Mitsubishi Xpander mampu menempati peringkat kedua di pasar Small MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan penjualan sebesar 7.079 unit. Di posisi pertama ada Avanza dengan penjualan sebesar 7.543 unit.

Istimewanya, karir Intan di Mitsubishi dibangun dari nol. Persisnya, saat ia masih di kampus. Kala itu, Intan mendapat kontrak eksklusif untuk menjadi SPG (Sales Promotion Girl) produk sedan Mitsubishi Gallant pada 1997. Selanjutnya, kontraknya sebagai SPG diperpanjang hingga tahun 1999. "Pada tahun 1999, saya kemudian ditawari untuk menjadi sekretaris Osamu Matsuko, yang sekarang menjabat sebagai President Mitsubishi Corporation," kisah ibu tiga anak itu mengenang.

Dua tahun menempati posisi sekretaris, Intan kemudian dipercaya untuk membidani lahirnya Divisi PR Mitsubishi--yang dulu bernama PT Krama Yudha Tiga Berlian. "Saya tidak langsung terima. Namun, selama dua tahun saya mempelajari dulu tentang organisasi PR di perusahaan. Akhirnya, pada tahun 2003-2004, PR Section pun berdiri. Selanjutnya, section PR menjadi besar hingga menjadi Departemen PR," ungkap pehobby bersepeda dan memasak itu menutup perbincangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)