Wimala, Marketer Muda di Traveloka

Apa tantangan terbesar Wimala Puspa Enggaringtyas ketika masuk Traveloka pada tahun lalu?

“Saya harus dapat berkontribusi membuat produk terbaik yang dapat terus bersaing di dunia digital yang sangat cepat berubah,” jawab Wimala cepat.

Sedikit berbeda dengan pekerjaan sebelumnya di management consulting (The Boston Consulting Group), sebagai Product Manager di Traveloka Wimala harus mengurus produk-produk berbasis digital. Mulai dari sisi supply yang harus ia jaga melalui hubungan baik dengan partner dan stabilitas sistem. Hingga sisi demand dengan terus menjawab keinginan pengguna dalam bentuk realisasi fitur.

Tantangan lainnya adalah sebagai Product Manager, ia diharuskan untuk berhubungan dengan berbagai tim dari berbagai latar belakang. Mulai dari tim teknis hingga operasional dan marketing. “Di mana, masing-masing tim harus disatukan visinya menjadi sebuah produk tertentu dengan timeline pengerjaan yang sangat ketat,” lanjutnya.

Wimala masuk Traveloka dengan posisi sebagai Associate Product Manager. Mirip dengan perjalanan studinya yang melewati jalur akselerasi di SMP dan SMA Labschool Kebayoran, Jakarta, tak sampai satu tahun di Traveloka, ia sudah naik jabatan pada level Product Manager. Tentu saja dengan tanggungjawab yang lebih besar.

Wimala merupakan lulusan Universitas Indonesia jurusan Teknik Industri 2015. Mengaku tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang dunia programming, namun bekerja di Traveloka yang memiliki budaya kerja saling mengajarkan dan suportif, membuat Wimala cepat beradaptasi dengan bidang pekerjaannya. Terutama mengenai bisnis dunia digital, termasuk dari sisi teknisnya.

“Hal tersebut tentu tidak lepas dari teamwork dan knowledge transfer yang berjalan dengan baik di Traveloka. Saya sangat bersyukur bisa bekerja di lingkungi yang dipenuhi orang kritis dengan pengetahuan luas, namun tetap humble,” papar gadis kelahiran 23 tahun silam ini.

Oya, jangan lupa, saat masih menjadi mahasiswa Wimala merupakan salah satu pemenang program BNI Co-Creators 2014. Lomba ini menantang para mahasiswa untuk kreatif berkompetisi lewat ide-ide baru yang dituangkan dalam bentuk Marketing Plan Contest. BNI Co-Creators 2014 ini mengharuskan tim peserta menuangkan ide-ide segar mereka ke dalam program nyata dalam bentuk Campus Marketeers Bazaar yang menghasilkan penjualan riil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)