Inovasi Marketing Tim PP Properti

Dengan target pertumbuhan bisnis rata-rata 20% per tahun, ditambah target pemasaran Rp3,8 triliun tahun ini, tim marketing PT PP Properti Tbk., BUMN anak perusahaan PP Persero, mengembangkan Apartemen Anti Narkoba. Berhasilkah?

Sejak 1992 PP Properti merupakan divisi di PP Persero. Namun pada 2013, PP Properti resmi menjadi anak perusahaan PP Persero. Setelah itu, dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, PP Properti ditargetkan menjadi perusahaan yang go public alias perusahaan terbuka. Pada Mei 2015, PP Properti melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) dan satu bulan kemudian resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Sebagai perusahaan pengembang, PT PP Properti Tbk., terutama divisi marketing, ditantang untuk membuat suatu strategi yang jitu dalam mengidentifikasi calon pembeli. Artinya, target market PP Properti adalah konsumen yang memang jelas membutuhkan hunian dan mampu membelinya. Untuk itu tim marketing PP Properti gencar menghadirkan program marketing yang berbiaya ekonomis dan logis, namun juga memberi hasil yang signifikan.

“Membuat program marketing dengan biaya besar tentu dapat dilakukan siapa saja, namun apakah hasilnya sepadan? Hal inilah yang menjadi perhatian kami. Tim marketing bertanggung jawab agar pengeluaran di bidang marketing dan pemasukan perusahaan harus benar-benar sesuai dengan perencanaan dan membuat hasil yang signifikan,” ungkap Ari Kartika, VP Marketing PT PP Properti Tbk.

Selain fokus mencari peluang pasar yang baru, tim marketing juga bertanggung jawab untuk membuat diferensiasi produk, sehingga tercipta pasar konsumen yang baru. Selanjutnya, tim melakukan strategi marketing komunikasi dengan meluncurkan tagline terbaru PP Properti di 2018 ini yaitu “Hunian Juara untuk Keluarga Juara”. “Kami meyakini tagline baru ini mampu menjadi pembeda dengan developer atau pengembang lain dan sangat powerful,” tegas Ari.

Berbicara soal personil, departemen marketing PP Properti sejatinya memiliki dia tim, yaitu tim marketing di kantor pusat dan tim marketing di proyek PP Properti yang tersebar di seluruh Indonesia yang saat ini jumlahnya 20 proyek. Di kantor pusat, tim marketing terdiri dari VP Marketing, Marketing Manager, Visual Communication/Designer Graphis, Event & Promotion, serta Digital Marketing.

Dijelaskan Ari, tim marketing yang berkedudukan di kantor pusat di Jakarta ada 4 personil, sedangkan di masing-masing project, tim Marketing Komunikasi terdiri dari tiga sampai tujuh personil, tergantung dari besarnya proyek tersebut. Total hampir 40 personil marketing komunikasi yang bertugas di kantor pusat dan seluruh project PP Properti. “Seluruh kegiatan marketing komunikasi di proyek dikontrol dan dikoordinasi oleh kantor pusat. Kantor pusat juga memberikan arahan dan panduan untuk seluruh kegiatan marketing di seluruh proyek,” terang Ari.

Salah satu inovasi penting yang dilakukan PP Properti adalah mengembangkan apartemen anti narkoba pertama di Indonesia yang terletak di Margonda Depok, yaitu Evencio Premium Student Apartemen. Apartemen ini membidik para mahasiswa sebagai target utamanya. Posisi apartemen pun strategis, yaitu tepat di depan kampus Universitas Indonesia, dekat dengan Universitas Pancasila juga Universitas Gunadharma. Apartemen ini juga merupakan hasil kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia.

“Orangtua yang menjadi pembeli apartemen Evencio bisa dengan tenang mengirim anaknya kuliah di kampus UI, Pancasila, atau Gunadharma, karena kami telah merancang sistem keamananan sedemikian rupa bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia. Dengan begitu, penyalahgunaan narkoba di lingkungan apartemen dapat diidentifikasi sedini mungkin. Bersama BNN, kami juga giat melakukan penyuluhan dan edukasi bahaya Narkoba kepada mahasiswa mahasiwa di kampus-kampus. Ini adalah bentuk kontribusi kami kepada dunia pendidikan di Indonesia,” tutur Ari.

Saat ini sudah bertambah tiga lagi produk apartemen Anti Narkoba milik PP Properti Tbk., yaitu di The Alton Semarang yang letaknya 200 M dari gerbang Universitas Universitas Diponogoro Semarang. Kemudian ada Begawan Apartemen di Malang yang letaknya dekat dengan Universitas Brawijaya, Malang. Lalu Grand Dharmahusada Lagoon di Surabaya yang letaknya dekat dengan Universitas Airlangga dan ITS Surabaya.

Lalu apa target tim marketing PP Properti? Menurut Ari, untuk target jangka panjang, perusahaan ini ingin menjadi lima besar perusahaan pengembang properti terbaik di Indonesia. “Sedangkan target jangka pendeknya, kami berencana untuk semakin aktif di digital marketing untuk me-maintain brand awarness kami sekaligus meningkatkan penjualan. Rencananya, kami akan membuat program yang unik yang developer lain belum lakukan, seperti webseries dan Youtube series dengan tujuan mengedukasi masyarakat calon konsumen yang ingin memiliki hunian agar tidak salah memilih hunian yang akan mereka beli,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)