Tim Marketing Piala Dunia 2018

Grup Transmedia resmi menjadi pemegang hak siar ajang Piala Dunia 2018 yang akan digelar pada pertengahan Juni 2018 mendatang di Rusia. Tim ini melibatkan seluruh unsur dalam grup Transmedia serta berkolaborasi dengan unit bisnis CT Corp lainnya, seperti Trans Retail, Trans Food & Beverage, serta Trans Property. Seperti apa strateginya?

Pertengahan Desember 2017 lalu bersamaan dengan perayaan HUT Transmedia ke-16, Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengumumkan bahwa Transmedia adalah pemegang hak siar resmi Piala Dunia 2018. Transmedia akan menyiarkan seluruh pertandingan Piala Dunia melalui tiga media-nya, yaitu Trans TV dan Trans 7 sebagai Licensed Broadcaster Television Piala Dunia 2018, sementara Transvision sebagai Licensed Satellite Television untuk Piala Dunia 2018.

Berbeda dengan liga yang diadakan setiap satu tahun sekali, penyelenggaraan piala dunia tentu memiliki euphoria tersendiri karena dilaksanakan setiap empat tahun sekali dan diikuti oleh negara-negara yang telah lulus seleksi ketat. Untuk itu, selain siaran langsung seluruh pertandingan Piala Dunia 2018, Transmedia juga berencana menyajikan program-program terkait Piala Dunia 2018 yang akan memanjakan penggemar sepak bola di Indonesia.

Dikatakan Atiek Nur Wahyuni, CEO Transmedia, Transmedia akan membuat ajang Piala Dunia 2018 kali ini dengan sangat spesial. “Karena kami membalutnya dalam 360° integrated marketing campaign. Selain itu, program ini juga disusun dengan melibatkan seluruh unsur grup Transmedia dan bersinergi dengan seluruh unit bisnis CT Corp lainnya. Strategi promosi dan branding juga kami kemas dalam 360° promotional campaign sehingga hype Piala Dunia lebih terasa dan berbeda dari seluruh tayangan Piala Dunia yang pernah ada di Indonesia.”

Untuk menyukseskan program ini, Transmedia pun membentuk tim besar marketing Piala Dunia 2018 yang terdiri dari setiap unit bisnis CT Corp. Pertama, Tim Sales yang bertanggung jawab terhadap strategi penjualan sponsorship brand dengan 360° Integrated Marketing Campaign yang melibatkan semua unit bisnis CT Corp. Kedua, Tim Off Air, bertanggung jawab membuat off air activities dengan konsep yang kreatif, unik dan menarik, sehingga dapat mendatangkan traffic pengunjung serta memenuhi needs client (sampling, selling).

Ketiga, Tim Promotion, yang bertugas membuat strategi campaign dengan konsep dan media promosi yang inovatif serta terintegrasi dengan semua unit bisnis CT Corp, guna menambah hype Piala Dunia 2018 di Indonesia. Keempat, Tim Marketing yang bertanggung jawab terhadap inventory control serta strategi pembuatan paket Piala Dunia, dengan memastikan integrasi semua unit bisnis CT Corp di dalamnya.

Terkait kendala, diakui Atiek bahwa waktu adalah kendala terbesar tim marketing Piala Dunia 2018. Menurutnya waktu konfirmasi pemasaran terbilang pendek, berbeda dengan penyelenggaraan Piala Dunia empat tahun lalu yang sudah mulai dipasarkan setahun sebelumnya. Selain itu, katanya, sudah ada event Pilkada serentak dan Asian Games yang pemasarannya sudah mulai lebih dahulu. Ditambah dengan kondisi budget klien 2018 yang relatif tidak besar growth-nya.

“Kami tetap optimis dan berupaya mengedukasi dan meyakinkan klien dengan konsep penjualan 360° integrated marketing campaign yang melibatkan sinergi di dalam eksosistem CT Corp dalam waktu penjualan yang pendek. Tantangan tersebut membuat kami harus bergerak lebih cepat dan fleksibel, serta berpikir lebih kreatif dalam memanfaatkan seluruh aset yang dimiliki Transmedia dan CT Corp. Selain itu, kami yakin dengan sinergi grup kami yang solid, para pemasang iklan akan memperoleh benefit yang maksimal dari program Piala Dunia 2018,” lanjut Atiek.

Lalu apa target Transmedia secara keseluruhan dari program Piala Dunia 2018 ini? “Target kami adalah mencapai target sales yang diharapkan, dengan memberikan service yang memuaskan serta memenuhi needs klien. Sementara target jangka panjang kami tentu semakin meningkatkan awareness masyarakat terhadap Transmedia serta CT Corp, juga menjadi pilihan klien untuk melakukan one stop media buying, melalui konsep 360° integrated marketing campaign,” pungkas Atiek.

Piala Dunia 2018 rencananya akan digelar di Rusia mulai 14 Juni 2018 hingga 15 Juli 2018. Sebanyak 32 negara akan memperebutkan trofi Piala Dunia yang pada 2014 direbut timnas Jerman. Total akan ada 64 pertandingan yang akan digelar di Piala Dunia 2018. Ke-64 pertandingan itu akan digelar di 12 stadion yang tersebar di 11 kota berbeda. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)