Acer Asia Pacific Predator League 2018

Winner

BEST OF THE BEST CREATIVE PR

Indonesia PR of the Year 2018

Pertumbuhan pasar game yang signifikan di negara Asia Pasifik selama dua tahun terakhir merupakan peluang bagi Acer untuk mengoptimalkan pendapatannya. Oleh karena itu, melalui salah satu mereknya, Predator, Acer massif menggarap pasar gaming di Indonesia, antara lain melalui program tahunan “Asia Pacific Predator League 2018”.

Ada sejumlah objektif yang ditetapkan Acer dari program Public Relations (PR) tersebut. Pertama, menjadikan Predator sebagai juara dalam kategori game. Kedua, menciptakan hype secara berkelanjutan sehingga akan memicu keinginan konsumen untuk membeli Predator. Ketiga, meningkatkan eksposur media dari luar Indonesia, dalam hal ini kawasan Asia Pasifik. Keempat, untuk menggandakan volume produk gaming.

“Asia Pacific Predator League 2018” adalah turnamen eSport pertama yang digelar Acer di Mal Taman Anggrek, Jakarta, pada 19-21 Januari 2018. “Asia Pacific Predator League 2018” tercatat sebagai salah satu turnamen kelas dunia terbesar di Asia Pasifik. Turnamen tersebut terdiri dari dua kategori utama, yakni Country Competition dan APAC (Asia Pacific) Final Competition. Adapun negara-negara yang berpartisipasi pada kompetisi tersebut adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, HongKong, India, dan Sri Lanka.

Selain strategi publisitas dengan melibatkan media dalam dan luar negeri, untuk mendapatkan eksposur maksimal untuk Predator, Acer menyelenggarakan event dengan tingkat engagement yang tinggi—sehingga mendorong hadirinnya menjadi endorser bagi Predator. Pada gelaran kompetisi tersebut, Acer tak hanya menyajikan pertandingan eSports, melainkan juga menghadirkan berbagai permainan interaktif bagi pengunjung yang dapat menciptakan engagement. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai teknologi terbaru di Acer, seperti Virtual Reality (VR) hingga pengalaman seru mengendarai Predator War Truck.

Engagement ini juga diciptakan lewat aktivitas media digital, antara lain live streaming, online quiz, dan penyajian Predator’s Shield Comics di media sosial. Komik Predator’s Shield bercerita tentang sejarah Predator Shield yang mampu memenangkan Predator League 2018.

Sementara itu, untuk menciptakan publisitas di media, Acer menggelar konferensi pers dan community gathering. Acer mengundang media lokal dan internasional pada konferensi pers pada awal kompetisi yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara ini. Acer membantu media-media internasional selama mereka meliput di Jakarta. Acer menyediakan buku panduan yang berisi semua informasi yang mereka butuhkan selama mereka tinggal di Jakarta. Sedangkan untuk mengabarkan pemenang kompetisi, Acer menyebarkan siaran pers ke berbagai media dan mengekspos para pemenang di media sosial Acer di setiap negara.

Untuk menciptakan viral, Acer juga menggandeng Key Opinion Leader (KOL) dan influencer di segmen gaming dan brand ambassador Predator. Aktivasi digital dengan para KOL tersebut menggunakan tagar #IndonesiaPride.

Dalam rangka menciptakan engagement, Acer membangun narasi tentang semangat nasionalisme. Acer mendorong warganet untuk mendukung tim Indonesia yang bertarung di “APAC Predator League 2018” dengan mengganti profile picture dukungan bagi Timnas. Kampanye yang dimulai pada 4 Januari tersebut mampu membuat lebih dari 560 pengguna mengganti profile picture mereka di Facebook. Dengan strategi ini, “APAC Predator League 2018” berhasil memperoleh 393 liputan dengan PR value sebesar Rp 28,6 miliar. Selain itu, “APAC Predator League 2018” juga berhasil memecahkan rekor MURI sebagai “Tayangan Langsung Permainan Online di Layar LED Terbesar di Asia Tenggara.

Leave a Reply