#BincangAir Danone-Aqua

Winner

BEST OF THE BEST MEDIA RELATIONS PROGRAM

Indonesia PR of the Year 2018

Isu menurunnya kualitas lingkungan yang berdampak kepada penurunan kualitas air menjadi kepedulian Danone-Aqua, perusahaan dengan core business pengemasan air minum—dengan produk AMDK Aqua. Dalam rangka berkontribusi kepada pelestarian lingkungan, perusahaan ini berupaya mengajak masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan hidup melalui program edukasi para jurnalis dan blogger.

Bertajuk #BincangAir, Danone mendorong jurnalis dan penggiat media sosial untuk menyajikan artikel yang menginspirasi khalayak untuk berpartisipasi dalam melestarikan kualitas lingkungan dan kuantitas air di Indonesia.

Diselenggarakan bertepatan dengan Hari Air Dunia pada 22 Maret 2018, program media relations ini mengundang 29 bloggers dan sembilan jurnalis untuk mengunjungi pabrik Danone-Aqua di Sukabumi, Jawa Barat. Kegiatan diisi dengan presentasi tentang program-program pelestarian lingkungan yang dijalankan oleh Danone dalam rangka menjaga keberlanjutan air bersih di Indonesia. Materi presentasi disampaikan oleh Arif Mujahidin dan Karyanto Wibowo, keduanya dari Danone Indonesia, serta peneliti Nana Mulyana dari Fakultas Kehutanan IPB.

Usai presentasi, kegiatan dilanjutkan peninjauan lapangan. Seluruh peserta berkesempatan melihat langsung metode konservasi alam yang diadopsi dan diaplikasikan Danone-Aqua di wilayah Sukabumi, seperti penanaman pohon penghijauan, pembuatan kolam resapan air (water pound), pembangunan Permanenan Air Hujan (PAH) dengan memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan pemenuhan air bersih di mushola, madrasah, dan rumah tangga, hingga pembuatan dam resapan yang berguna untuk memaksimalkan air meresap ke dalam tanah.

Sesuai dengan tema program #BincangAir, kata Arif Mujahidin selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia, seluruh peserta dapat bertanya soal apa saja berkait dengan air sehingga mereka mendapat pemahaman yang menyeluruh tentang program pelestarian lingkungan untuk menjaga ketersediaan air bersih berkualitas secara berkesinambungan (sustainability).

Program terutama membidik bloggers karena selama ini, katanya, tidak sedikit kekhawatiran tentang masalah lingkungan yang dibesar-besarkan oleh netizen di media sosial. Kekhawatiran di media sosial itu kadang-kadang dikonfirmasikan oleh media konvensional. Oleh karena itu, melalui program #BincangAir, Danone mendorong para jurnalis dan para influencer di media sosial untuk menyajikan artikel yang menginspirasi khalayak untuk berpartisipasi dalam melestarikan kualitas lingkungan dan kuantitas air di Indonesia.

Program ini dinilai sukses. Melalui pengukuran sebelum dan sesudah kegiatan (pre and post test), diperoleh data bahwa pemahaman peserta tentang masalah air meningkat dari 4,0 menjadi 8,0. Peserta mempublikasikan kegiataan di media konvesional dengan pencapaian total PR Value Rp328.000.000 dan PR Index 7.4. Sementara para bloggers menyajikan total 23 artikel yang menjangkau 2.879.527 pengikut dan menghasilkan 207 comment.

Sementara di media sosial Twitter dan Instagram, Danone mengajak pemilik akun untuk peduli terhadap pelestarian lingkungan melalui tagar #BersamaMerawatAir, #HariAirSedunia. dan #WorldWaterDay. Instagram resmi Danone-Aqua meraih result 258.405 impressions; 187.897 reach; dan 6.195 likes. Sedangkan di Twitter, Danone-Aqua meraih 945.799 impressions, 698.528 reach, dan 255 engagements. Program #BincangAir meraih Best of the Best di kategori Media Relations Program pada Indonesia PR of the Year 2018. (W. Setiawan)

Leave a Reply