Disbudpar.acehprov.go.id THE BEST TOURISM WEBSITE

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mengenalkan branding pariwisatanya yang bertajuk “The Light of Aceh”. Agar dikenal luas, pihaknya memanfaatkan website www.disbudpar.acehprov.go.id sebagai channel edukasi dan promosi city branding dan pariwisata Aceh, sekaligus bertujuan menggaet wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saat mengakses website, pengunjung disuguhi fitur Berita, Blog, Kalender Event, Struktur Organisasi, dan Profil. Semua fitur menyuguhkan konten seputar wisata, budaya, dan kegiatan festival dan event yang sedang maupun akan berlangsung.

Konten tentang wisata dan event sangat dominan. Salah satunya Festival Danau Laut Tawar yang diselenggarakan di Aceh Tengah pada September 2017. Hal ini sebagai bagian dari program Wonderful Indonesia untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke provinsi berjuluk Negeri Serambi Mekah.

Hal yang menarik adalah peran Website untuk mengamplifikasi social media (sosmed). Diantaranya melalui fitur socmed Facebook, Twitter, dan Instagram yang tertera di pojok kanan atas Website. Seluruh akun socmed tersebut dikelola oleh Disbudpar Aceh. Peran amplikasi socmed ini relatif efektif untuk mengenalkan city branding Aceh secara luas.

Akun Instagram Disbudpar_Aceh Pesona Cahaya Aceh misalnya, menyuguhkan beragam foto tentang keindahan alam, aktivitas warga, budaya, kesenian, serta lokasi-lokasi eksotik lain yang layak untuk dikunjungi. Termasuk pula foto-foto poster yang berisi agenda event. Tercatat ada 734 postingan, 14k followers di akun ini.

Sementara Facebook-nya lebih memuat konten agenda festival dan event seperti pelatihan teknik permuseuman, fam trip para jurnalis Mesir bersama Disbudpar. Sementara di Twitter, lebih banyak menyajikan tentang agenda event. Jumlah followers Twitter-nya mencapai lebih 794 follower, setara dengan jumlah fans di Facebook yang mencapai ratusan fans.

Leave a Reply