Launching Mitsubishi Xpander

Winner

THE BEST MARKETING PR

Indonesia PR of the Year 2018

Saat ini, Xpander merupakan salah satu produk andalan Mitsubishi. Itu sebabnya, dalam peluncurannya, Mitsubishi memutuskan untuk merancang strategi terintegrasi mulai dari Pre, Launching, hingga Post Launching. Antara lain dengan menggunakan pendekatan Public Relations (PR) melalui media dan influencer atau Key Opinion Leader (KOL).

Pada periode launching, Mitsubishi juga menyelenggarakan program test drive dengan cara meminjamkan kendaraan Xpander kepada awak media. Objektifnya, agar media dapat me-review dan membuat artikel Xpander secara lebih mendalam.

Selain itu, factory visit juga dilakukan untuk sejumlah media, blogger, vlogger, dan komunitas. Selain dapat melihat langsung pabrik Xpander, cara ini juga untuk meyakinkan publik bahwa produk Xpander adalah buatan Indonesia dan produksinya sedang ditingkatkan.

Memasuki periode Post Launching, Mitsubishi menggelar program “Xpander Media Touring 2018” pada 4-10 Maret 2018. Program yang dikemas lewat format entertainment test drive itu terdiri dari tiga batch di Semarang, Solo, dan Yogyakarta sebagai wilayah eksplorasinya.

Tak kurang dari 90 media dari desk otomotif, bisnis, dan lifestyle berpartisipasi di sana. Pada kesempatan itu, Xpander juga menghadirkan Key Opinion Leader atau influencer, antara lain dari kalangan traveler, barista, dan chef.

Bagaimana hasilnya? Dalam kurun waktu enam bulan, atau sejak diluncurkan pada Agustus 2017 hingga Februari 2018, penjualan Xpander mencapai 27 ribu unit. Dengan angka tersebut, Mitsubishi Xpander menguasai 27% pasar small MPV. (Marina)

Leave a Reply