Live More Society Bank DBS

Winner

THE BEST CREATIVE PR

Indonesia PR of the Year 2018

Program Public Relations (PR) bertajuk “Live More Society” ini sejatinya sudah digelar Bank DBS sejak 2017. Program tersebut merupakan platform berkelanjutan untuk membangun engagement Bank DBS dengan pasar, untuk akuisisi data, serta menjadi mesin pemasaran bagi Bank DBS. Pada program ini, Bank DBS menyasar komunitas kunci di bidang travel, kuliner, teknologi, musik, dan olahraga serta kesehatan.

Bank DBS memilih format community marketing karena komunitas dinilai berpotensi memberikan dampak yang signifikan kepada loyalitas merek hingga 27% (Studi Kasus: Toyota Indonesia-Otomotif). Community Marketing juga dapat meningkatkan brand consideration hingga 55% (Studi Kasus: Nike Indonesia-Olahraga). Selain itu, Indonesia memiliki lebih dari 70.000 komunitas berbasis minat yang potensial untuk digarap.

Dalam menjalankan program tersebut, Bank DBS membaginya dalam tiga fase. Fase pertama diselenggarakan pada 2017 hingga semester pertama 2018 yang disebut sebagai fase Introduction & Discovering, di mana Bank DBS mengedukasi dan mengkomunikasikan konten Live More Society. Fase kedua dimulai pada semester kedua 2018 hingga semester pertama 2019, yaitu fase Nurture & Escalate, di mana konten Live More Society dipersonalisasi dan digunakan sesuai dengan misi masing-masing komunitas. Fase ketiga, yaitu pada semester kedua 2019 hingga semester pertama 2020, disebut fase Make-a-Mark, dimana konten Live More Society diharapkan akan mampu menginspirasi dan unik hingga berdampak sosial.

Bank DBS mulai mengkampanyekan program Indonesia Live More Society pada Maret 2018 lewat kampanye bertajuk “Live More, Bank Less”. Kampanye tersebut berlangsung hingga Juli 2018, dengan berbagai aktivasi. Di antaranya, acara soft launching program “Live More Society”, JBJ Challenge melalui aktivasi di Website dan media sosial, Life at DBS Arifin Putra di Website dan media sosial, hingga culinary photo challenge di Website dan media sosial.

Hasil kampanye ini cukup signifikan, pada fase pertama, dari berbagai tantangan yang digelar di sejumlah komunitas, submissions yang berhasil dihimpun adalah 8.442 selama kurun 2-3 bulan. Sedangkan total jangkauan yang berhasil dicapai dari program “Live More Society” sebanyak 6,3 juta. Adapun total engagement yang berhasil disentuh adalah 3,8 juta. (Dwi)

Leave a Reply