Pariwisatasolo.surakarta.go.id THE BEST TOURISM WEBSITE

Menyandang status sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Tanah Air, Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Solo, tak ketinggalan memanfaatkan website www.pariwisatasolo.surakarta.go.id sebagai channel promosi city branding Solo yang berjuluk “Spirit of Java”. Tersedianya fitur bahasa Indonesia dan Inggris, menunjukkan Website ini membidik wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara.

Website menyuguhkan fitur-fitur yang beragam, seperti Tempat Wisata, Event & Festival, Kuliner, Penginapan, Info Perjalanan, serta fitur Yang Wajib Dilakukan yang menyuguhkan informasi tentang Tempat Wisata dan 10 Tujuan Wisata Terbaik yang ada di Solo. Seluruh fitur dieksplorasi dalam konten yang menyajikan tulisan secara kengkap dan detail, didukung dengan foto-foto menarik, agar wisatawan “kepincut” untuk datang berkunjung.

Para pengunjung dapat leluasa berselancar mencari ragam informasi, termasuk informasi tentang penginapan—karena Website dilengkapi direktori hotel-hotel yang ada kota Solo dan sekitarnya, termasuk alamat, email, dan nomor telepon hotel. Akses ke website pun mudah, bisa melalui laptop, PC, maupun smartphone.

Design Website cukup menarik, menampilkan foto dan ulasan seputar event dan festival, kuliner, maupun tempat-tempat wisata yang kini sedang trend dan menjadi sasaran destinasi wisatawan. Para pengunjung website merasa selalu mendapat konten dan informasi terbaru karena website selalu di update. Website dikelola oleh Dinas Pariwisata Kota Solo. Untuk membidik user social media (socmed), Website diintegrasikan dengan socmed Facebook, Twitter, Youtube, dan Intagram.

Juri Irvan Permana menilai konten Website ini menunjukkan upaya edukasi dan komunikasi Pemerintah Kota Solo dalam “menjual” potensi wisatanya. “Website Pariwisatasolo.surakarta.go.id ini terstruktur dengan baik dan jelas informasinya. Panduannya juga cukup lengkap,” tutur Irvan Permana. Namun demikian, Irvan memberikan masukan agar pengelola Website meng-highlight aktivitas agar situs lebih dinamis. Agar peran Website lebih optimal, Irvan juga mengusulkan agar pengelola lebih aktif melakukan edukasi di social media.

Leave a Reply