Peluncuran Samsung S9 dan Samsung S9+

Winner

THE BEST MARKETING PR

Indonesia PR of the Year 2018

Sejak awal, Samsung Galaxy S9 dan Samsung S9+ ingin dinilai sebagai produk yang dapat menjawab kebutuhan generasi sosial, atau generasi yang memanfaatkan teknologi untuk selalu terhubung, dimana konten visual menjadi bahasa universal mereka. Konten visual dianggap sebagai cara baru untuk berkomunikasi dan aktualisasi diri.

Sebagai konsekuensi, mereka membutuhkan perangkat yang dapat mendukung era baru dalam berkomunikasi dan kamera menjadi jantung dari hadirnya konten visual. Sehingga tantangan bagi Samsung adalah bagaimana menerjemahkan Unique Selling Proposition (USP) Galaxy S9 dan Samsung S9+ yang teknis menjadi lebih mudah dipahami oleh mereka. Untuk itu dilakukan kegiatan edukatif yang fun.

Setidaknya ada empat strategi yang diandalkan Samsung dalam memperkenalkan sekaligus memasarkan produk terkininya. Pertama, create hype sejak awal live streaming hingga post launch untuk memancing daya tarik media dan juga leak/bocoran artikel seputar S9 & S9+ sebagai rasa ingin tahu media massa dan reviewer. Seperti mengirimkan paket kopi berikut dengan french fries, dengan pesan seperti “Perlahan sejenak. Berhenti bergegas. Nikmati tiap tetes. Hargai setiap detik. Hidup berjalan begitu cepat, momen berlalu dalam sekejap, dan dalam jutaan detik berharga, ribuan adegan belum tersingkap. The camera. Reimagined.”

Kedua, memformulasikan pesan yang mampu menerjemahkan USP sebagai jawaban akan kebutuhan generasi sosial. Ketiga, memaksimalkan brand ambassador, online influencer untuk menciptakan tren posting-an super slow motion secara unpaid.

Terakhir, menyelenggarakan rangkaian kegiatan edukasi media dengan menyisipkan media experience dan beragam angle pemberitaan untuk membantu menterjemahkan USP yang bersifat teknis menjadi lebih mudah dipahami oleh konsumen.

Sejumlah kegiatan tersebut tidak hanya menghasilkan artikel, namun juga membuahkan konten video yang dipublikasikan di news portal Kompas.com dengan 300 ribu views, Droidlime, dan di channel YoutTube, serta posting-an di social media. (Marina)

Leave a Reply