Vokasi Bisnis untuk Junalis Bank BNI

Winner

THE BEST MEDIA RELATIONS PROGRAM

Indonesia PR of the Year 2018

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan kepada 100 orang jurnalis yang berasal dari berbagai provinsi di Tanah Air. Acara diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat, baru-baru ini bertujuan memberi akses dan tambahan wawasan bisnis bagi jurnalis untuk aktualisasai diri dan meningkatkan kesejahteraannya.

Ketua PWI Pusat Margiono mengungkapkan, wartawan harus bisa mencari lahan baru agar periuk nasinya terus bisa berasap sehingga semakin kuat, idealis, tidak mudah dimanfaatkan, dan bekerja secara profesional karena tidak lagi berorientasi pada urusan perut.

“Wartawan juga harus dilatih untuk jadi wirausaha, tidak di pers saja. Pelatihan ini akan melahirkan pengusaha-pengusaha baru untuk menumbuhkan ekonomi nasional,” ujarnya. Kegiatan diselenggarakan dalam rangka Hari Pers Nasional, melibatkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan PT Pos Indonesia.

Di samping pembekalan materi kewirausahaan, para jurnalis diajak untuk sharing session dalam bentuk belajar mandiri dengan mengunjungi Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara (RKB) Padang yang dikembangkan BNI.

Kunjungan ke RKB tersebut dimaksudkan pula untuk membuka pandangan para jurnalis bahwa menjalankan bisnis dapat dilakukan melalui perluasan marketing secara online. Hal ini sesuai dengan obyekti RKB BNI di Padang dan di 44 kota lainnya di Indonesia, yaitu mengajak pelaku usaha baru untuk menjual produk mereka secara online dan memanfaatkan situs-situs marketplace terutama Blanja.com untuk memasarkan produknya. Ke depannya, BNI merencanakan menyelenggarakan kegiatan serupa sebagai program berkelanjutan di berbagai daerah dengan jumlah peserta lebih besar. (W. Setiawan)

Leave a Reply