Website Budpar Malang THE BEST TOURISM WEBSITE

Seni dan budaya merupakan salah satu daya tarik Kota Malang sebagai Kota Pariwisata. Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang menghimpun event-event seni dan budaya dalam Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan tujuan agar dapat menjadi panduan bagi wisatawan dan bagi masyarakat Kota Malang pada umumnya.

Begitulah sepenggal isi sambutan Kepala Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni di dalam website www.budpar.malangkota.go.id. Pesan itu selanjutnya dielaborasikan melalui konten dan fitur dalam website sebagai channel edukasi promosi pariwisata Kota Malang.

Website www.budpar.malangkota.go.id memiliki beragam fitur, seperti Akomodasi, Wisata Kuliner, Museum, Kalender Event, hingga Galery Foto. Pengguna website dapat berselancar mencari beragam informasi terkait dengan fitur yang dipilih. Pada fitur kalender event misalnya, tersaji event, baik yang diselenggarakan oleh kelompok masyarakat, maupun institusi pemerintah kota setempat.

Event Malang Coffe Festival #2 misalnya, adalah event yang di-create komunitas penikmat kopi untuk mengangkat citra Malang sebagai penghasil kopi terbaik. Kemudian ada juga event Festival Seni Musik Dawai yang digelar di Alun-Alun Kota Malang. Termasuk pula event Pemilihan Kakang-Mbakyu KotaMalang, Pawai Seni Budaya Jawa Timur, Specta Night Carnaval, serta event Malang Tempo Doeloe. Semua event ini diselenggarakan pada September-Oktober 2017.

Pada fitur Akomodasi, Wisata Kuliner, Hotel, maupun Museum disajikan konten tentang sejumlah lokasi wisata, kuliner khas yang dijajakan mulai pedagang makanan kelas kaki lima hingga gerai kuliner di hotel berbintang.

Secara design, Website cukup menarik dengan tampilan foto dan informasi yang ditata secara apik. Pengunjung website cenderung merasa “sreg” dengan tampilan website. Konten yang disajikan pun berisi beragam informasi yang dibutuhkan khalayak, terutama bila ingin berwisata kuliner, travelling, wisata museum, hingga menghadiri acara festival yang digelar di Alun-Alun Kota Malang.

Dari sisi kemudahan akses, Website relatif bisa diakses dengan mudah, baik melalui perangkat PC, laptop, bahkan lewat smartphone. Hal ini didukung website yang memiliki barcode yang berada di pojok kanan bawah pada halaman pertama website. Kontennya juga selalu di update sehingga informasi yang disajikan relatif up to date. Website juga dilengkapi fitur video yang menayangkan bangunan bersejarah.

Untuk memancing respon pengunjung, terdapat fitur Polling untuk mengetahui keinginan (need) khalayak. Ini dikemas dalam pertanyaan, seperti wisata apa yang Anda sukai di Kota Malang? Dalam sebulan, jumlah pengunjung website mencapai ribuan pengunjung.

Menarik dan terjaga dengan baik dari sisi konten, update dan design. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh kota dan membuat Malang menjadi full attraction,” ungkap juri Irvan Permana. “Untuk menghindarinya, akan lebih baik dibuat situs sendiri di bawah Beautiful Malang,” usulnya. Di kategori Owned Media Tourism Website, www.budpar.malangkota.go.id meraih predikat The Best.

Leave a Reply