Teras Lakon, Jadi Pusat Ekosistem Pelestarian Budaya Indonesia

MIX.co.id – Teras Lakon adalah bagian dari ekosistem LAKON Indonesia. Berdirinya Teras Lakon melengkapi keseluruhan ekosistem pelestarian budaya Indonesia.

Thresia Mareta selaku Founder of LAKON Indonesia menuturkan, tujuan mendirikan Lakon Indonesia adalah sebagai dedikasi untuk mengangkat banyak kekuatan di masa lalu yang sudah terlupakan saat ini, untuk generasi muda di masa kini dan masa mendatang supaya mereka mengerti asal dan inti dari apa yang ada saat ini dengan harapan untuk mendorong perkembangan di masa depan.

LAKON Indonesia hadir sejak tahun 2018 sebagai upaya untuk melestarikan budaya Indonesia. “Tujuannya adalah untuk menggali prinsip dasar budaya dan membawanya menjadi bagian yang selalu terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia modern,” ujar Thresia di acara konferensi pers pembukaan Teras Lakon yang digelar di Gading Serpong, Tangerang, Rabu (29/11).

Teras Lakon sendiri berlokasi di kawasan Symphonia Summarecon Serpong, dengan luas lahan 2.380 M2 dan luas bangunan 2.432 M2. Bangunannya terdiri dari tiga lantai yang didisain oleh Adi Purnomo.

Hadirnya Teras Lakon akan menjadi pusat dari keseluruhan ekosistem sekaligus wadah yang diharapkan dapat mempertemukan berbagai ahli dan para kreatif dari berbagai latar belakang untuk bergerak bersama melakukan usaha pelestarian budaya Indonesia.

Berdirinya Teras Lakon melengkapi keseluruhan ekosistem pelestarian budaya yang telah dibangun selama ini, dan mengukuhkan LAKON Indonesia sebagai label pertama di Indonesia yang menjalankan usahanya secara profesional dalam pengertian yang selama ini berlaku secara internasional.

Dalam pembukaannya dihadirkan peragaan busana The Tailor Made 01. Koleksi The Tailor Made 01 ditangani dengan seksama menggunakan prinsip tukang jahit masa lalu yang tingkat kedetailan tinggi, berbeda dengan koleksi ready to wear yang kuantitasnya lebih besar. Bisa dikatakan koleksi The Tailor Made 01 ini dikerjakan 100% dengan tangan.

Dijelaskan Thresia, The Tailor Made 01 adalah perjalanan baru Lakon Indonesia untuk mengangkat keterampilan dan dedikasi tukang jahit masa lalu tetapi dalam bentuk modern dengan management yang profesional.

“Laki-laki dan perempuan bisa memesan berdasarkan apa yang sudah kami presentasikan sesuai dengan rasa dan style masing-masing persona. Sistem order adalah berdasarkan koleksi yang kami presentasikan secara sistematik untuk dapat dipesan oleh customer,” papar Thresia.

Melalui koleksi ini, LAKON Indonesia memberikan penghormatan ke prinsip tradisional masa lalu di mana pekerjaan tangan dihargai dengan sangat tinggi.

Menilik kembali perjalanan LAKON Indonesia selama lebih dari 5 tahun, banyak usaha yang telah didedikasikan secara konsisten untuk mengangkat keterampilan tangan dan seni budaya Indonesia sehingga memberikan hasil nyata yang dipresentasikan secara berkala setiap tahunnya, mulai dari Pakaiankoe, Gantari, Aradhana, Lorong Waktu, sampai RIK062324L di bulan Juli lalu.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)