MIX.co.id - Pameran yang berpotensi menyedot kerumunan orang, sejatinya menjadi salah satu kanal pemasaran yang efektif untuk membangun brand awareness maupun meningkatkan penjualan.
Pameran “Gaikindo Indonesia International Auto Show” (GIIAS) misalnya, menjadi salah satu kanal pemasaran yang dinilai efektif oleh para pemilik merek otomotif. Mengingat, setiap tahunnya, pameran otomotif terbesar di dunia (di luar China) itu, selalu disambangi oleh ratusan ribu pengunjung.
Pada perhelatan GIIAS 2024 yang baru saja berlangsung 18-28 Juli 2024 di ICE BSD, Tangerang, misalnya, jumlah pengunjung diperkirakan meningkat 5% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu, pengunjung GIIAS 2023 tembus 462.291 pengunjung.
Tak heran, jika untuk keenam kalinya, Astra Financial kembali menjadi platinum sponsor di GIIAS 2024, bersama dengan 10 unit bisnisnya, yakni FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, SEVA, AstraPay, Maucash, Moxa, dan Bank Saqu.
Pada GIIAS 2024, Astra Financial mampu melampaui target dengan mencetak transaksi Rp 2,53 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 4,70% dibanding tahun sebelumnya. Adapun jumlah pencapaian penyaluran tercatat sebanyak 6.780 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk roda empa dan roda dua.
Dituturkam Suparno Djasmin, Director-in-Charge Astra Financial, “Astra Financial berkomitmen untuk ikut mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional melalui keterlibatan sebagai platinum sponsor di GIIAS 2024. Sebelumnya, kami menargetkan nilai transaksi yang setidaknya sama dengan tahun lalu sebesar Rp 2,80 triliun untuk GIIAS Tangerang dan Surabaya. Sampai penutupan acara di Tangerang, nilai transaksi yang diraih telah mencapai Rp 2,53 triliun atau melebihi 100% dari target yang dicanangkan sebesar Rp 2,30 triliun.”
Kampanye dan Games Edukatif
Salah satu unit bisnis Astra Financial yang turut merasakan efektivitas pemasaran di pameran GIIAS 2024 adalah Asuransi Astra. Dia menjelaskan, dari sisi proteksi kendaraan Asuransi Astra, nilai premi yang dibukukan untuk asuransi pembelian tunai pada perhelatan GIIAS 2024 mencapai Rp 2,78 miliar. "Angka tersebut naik sebesar 21,40%, jika dibandingkan GIIAS 2023 yang tercatat senilai Rp 2,28 miliar," ucapnya.
Keberhasilan Asuransi Astra mencetak pertumbuhan premi sepanjang GIIAS 2024 tak lepas dari efektivitas beragam kampanye edukatif, brand experience, dan loyalty program yang disajikan selama di sana.
Dijelaskan Head of PR, Marcomm & Event Asuransi...