10 Iklan Terpopuler Versi YouTube Indonesia

Hari ini Google Indonesia mengumumkan daftar iklan terpopuler pilihan pemirsa di YouTube.co.id selama enam bulan pertama di tahun 2015. Daftar ini menampilkan berbagai brand mana saja dengan performa terbaik di Indonesia berdasarkan popularitas (organic views) dan promosi (paid views).

Salah satu iklan Terpopuler Versi YouTube Indonesia: Traveloka Bungee Jump.

Dari 10 iklan terpopuler, terdapat tiga jenis video yang menonjolkan ciri khas tertentu. Pertama, lebih dari 30 detik. Serupa di tahun 2014, kebanyakan dari banyak video ini adalah “Made in Indonesia”. Tema “kekeluargaan” dan “persahabatan” tetap menjadi tema yang terus menyentuh emosi dan perasaan penonton Indonesia, seperti iklan Pond’s dan BRI Syariah.

Kedua iklan tersebut memiliki beberapa kesamaan yakni dalam bentuk penyampaian narasi panjang atau storytelling. Meskipun kedua video tersebut berdurasi panjang, lebih dari delapan menit, namun iklan tersebut justru melibatkan interaksi cukup tinggi dari para penonton di YouTube.

“Contoh dari kedua video ini cukup menunjukkan bahwa ketika brand bercerita, narasi yang cukup emosional dan menghibur mampu menginspirasi serta menyentuh hati dan pikiran kita,” jelas Veronica Utami, Head of Marketing di Google Indonesia.

Kedua, kolaborasi dan kekuatan berbagi. Selebriti dapat berperan meningkatkan kesadaran sebuah produk atau pesan. Tetapi bagi sebuah brand terkadang hal ini tidak masuk dalam jangkauannya. Pendekatan lain adalah dengan menggandeng talenta kreator YouTube lokal yang memiliki ribuan penggemar setia yang berlangganan serta melek digital, agar mereka dapat menyalurkan kreasinya.

“Menampilkan selebriti lokal terkenal seperti Raisa dan Bunga Citra Lestari jelas menarik para penggemar setia mereka. Namun, kolaborasi bersama bintang YouTube seperti Edho Zell justru lebih efektif karena menunjukkan kreativitas para kreator muda dan mereka juga memiliki banyak follower setia,” Utami menambahkan.

Menentukan dan mengidentifikasi target pasar yang tepat, seperti sebuah kelompok penggemar, ternyata cukup efektif bagi pemain lokal, seperti yang terjadi pada Traveloka. Terbukti, brand ini masuk dalam daftar Top 10 untuk pertama kalinya, karena keberhasilannya menargetkan kelompok khusus dengan memahami dengan baik selera mereka.

Ketiga, iklan yang tampil tidak seperti iklan. Beberapa video yang masuk dalam daftar iklan terpopuler selama awal pertama tahun ini, umumnya adalah film pendek atau yang kontennya sudah populer lebih dulu di YouTube.

“Kami sudah menyebutkan dua contoh iklan di genre ini, yakni Pond’s dan BRI Syariah. Kini, hadirnya iklan Samsung juga bersifat sama – video ini tampil layaknya genre sebuah gameplay. Bahkan video terpendek dari genre ini, seperti iklan Traveloka berdurasi 30 detik, fokus pada momen dramatis dan visual seperti dalam aktivitas bungee jumping,” kata Utami.

Menurutnya, mayoritas para pemilik brand menyadari bahwa mereka yang mendatangi situs YouTube justru tidak mencari iklan, tetapi apabila iklan mampu menghibur, maka iklan justru akan mendapatkan viewers dengan sendirinya. “Pemahaman tren budaya pop dan perkembangan terkini juga dapat membantu brand jadi bagian dari pembicaraan masyarakat,” pungkas Utami.

Berikut Top 10 Iklan Terpopuler Versi YouTube Indonesia:

  1. Cahaya Cantik Raisa (POND’S)
  2. Clash of Clans (Revenge) feat. Angry Liam Neeson (Clash of Clans)
  3. #AdaAQUA – Tes Konsentrasi dan Fokusmu (Danone Indonesia)
  4. LINE Let’s Get Rich feat BCL & Ashraf (LINE Indonesia)
  5. Marvel’s Avengers – Age of Ultron and Samsung Mobile present ‘Assemble’ (Samsung)
  6. #aksimandiriku | Jualan Batu Akik (Mandiri)
  7. Dior – Secret Garden IV feat. Rihanna (Dior)
  8. #ringbersama : My Sun, My Son * (BRI Syariah)
  9. Traveloka Bungee Jump (Traveloka)
  10. Royco: Janji Ramadhan Trailer (Royco)

Marina Silalahi

Recent Posts

XL Axiata Turut Sukseskan World Water Forum Ke-10

MIX.co.id - XL Axiata berpartisipasi dalam mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum…

6 hours ago

Skincara Gelar Festival Produk Kecantikan Asal Korea dan Jepang

MIX.co.id - Skincara berkolaborasi dengan Lippo Mall Puri dan Guardian menggelar "Skincara SPF++ Festival", pada…

7 hours ago

Gandeng Sarinah, YDBA Gelar Bazar bagi 50 UMKM Binaan

MIX.co.id – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkomitmen memandirikan Usaha Mikro Kecil dan…

18 hours ago

Daikin Targetkan 500 Peserta di Program “Daikin Proshop Designer Awards 2024”

MIX.co.id - Daikin Airconditioning Indonesia kembali meluncurkan program “Daikin Proshop Designer Awards 2024” (DDA), pada…

21 hours ago

Jelang Liburan Musim Panas, Vietjet Gelar Program Promo untuk Pelanggan dan Wisatawan

MIX.co.id - Memasuki liburan musim panas, Vietjet menghadirkan program consumer promo untuk para pelanggan loyal…

1 day ago

Grand Rakata Residence Hadirkan Klaster Premium Bergaya Skandinavia

MIX.co.id - Pengembang perumahan di kota Cilegon-Banten yang merupakan unit bisnis dari PT Krakatau Sarana…

1 day ago