Advertising

KarAds Tawarkan Efektivitas Beriklan di Media Luar Ruang

Beriklan melalui media luar ruang (out of home) sejatinya menjadi salah satu pilihan yang masih dinilai efektif oleh para pemasar di Tanah Air. Terbukti, BMI Research dalam temuannya di 2016 mengungkapkan bahwa tingkat awareness iklan yang memanfaatkan media luar ruang hampir menyamai TV. Jika TV 83%, maka media luar ruang 81%. Hal itu karena 50% masyarakat Jabodetabek menghabiskan 10 jam waktu di luar rumah, dimana 47% melihat iklan di media luar ruang.

Sayangnya, belakangan regulasi pemerintah DKI Jakarta telah membatasi gerak iklan media luar ruang tradisional, seperti billboard maupun videotron. Fakta itu tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis yang bergerak di industri media luar ruang. Format beriklan media luar ruang dalam bentuk billboard, transit media, dan videotron, kini tidaklah cukup. Para pelaku bisnis di industri media luar ruang dituntut untuk melakukan inovasi guna menjawab tantangan sekaligus perubahan perilaku masyarakat.

KarAds sebagai salah satu pemain di industri media luar ruang pun mencoba menawarkan solusi bagi para pengiklan. Melalui layanan barunya, KarAds menawarkan kemudahan beriklan di outdoor media bagi para pengiklan untuk mengkomunikasikan produknya. Dikatakan Founder & CEO KarAds I Made Harta Wijaya, layanan baru dari KarAds tersebut mengandalkan teknologi analytics terkini dengan memanfaatkan pemasangan stiker di mobil-mobil pribadi yang sudah dilengkapi dengan perangkat GPS.

“Kami berbeda dengan pemain media luar ruang lainnya. Kami tak hanya sebagai media luar ruang, tetapi menawarkan analytics yang selama ini tak ada di media luar ruang lainnya, seperti Billboard, transit media, atau videotron. Di samping itu, soal harga layanan dan efektivitas, bisa diadu. Kami lebih efektif dengan harga yang hanya sepersepuluh dari media luar ruang tradisional,” tegasnya.

Sementara itu, lewat layanan tersebut, KarAds menawarkan model bisnis kepada masyarakat yang memiliki mobil pribadi untuk bermitra dengan KarAds. “Kami memanfaatkan mitra-mitra pemilik mobil pribadi untuk dipasangkan stiker dari pengiklan sesuai dengan spot yang dipilih di badan mobil. Kami berikan kompensasi untuk setiap mobil yang dijadikan media beriklan, tanpa harus mengubah perilaku berkendara sehari-hari dari si pemilik mobil. Pendaftaran untuk menjadi mitra dilakukan secara online melalui webiste atau aplikasi KarAds,” terangnya.

Adapun mobil yang menjadi mitra dari KarAds akan dipasang Global Positioning System (GPS) untuk memantau langsung pergerakan dari kendaraan tersebut. “Kalau pemain yang ada sekarang meminta pemilik mobil mengaktifkan GPS di smartphone, sementara KarAds memasang GPS di mobilnya agar lebih akurat untuk memantau pergerakan iklan dan mendukung penyajian analytics data bagi pengiklan,” lanjutnya.

Nilai lebih lainnya yang ditawarkan KarAds kepada pengiklan adalah akses real time ke dashboard milik KarAds untuk memantau kinerja dari iklan yang dipasang. Ia mengungkapkan bahwa data yang diolah dari GPS yang terpasang di mobil disajikan di dashboard untuk mengukur impresi, profil jalanan, dan lainnya. Selain itu, KarAds akan memberikan laporan mendetail usai masa tayang iklan kepada pengiklan, yang tentunya dapat digunakan untuk mengukur efektivitas promosinya. Hal itu dapat dijadikan sebagai dasar untuk kegiatan pemasaran berikutnya.

“Para mitra kami memiliki mobilitas yang tinggi untuk wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Rata-rata jarak tempuh 50-100 Km per hari, dan dominan digunakan untuk keperluan pribadi. Untuk pentarifan, kami mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 6 juta setiap pemasangan, tergantung jenis stiker yang dipilih,” tutupnya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Gandeng JKT48, Shopee Gelar Kampanye “6.6 Great Mid-Year Sale”

MIX.co.id - Shopee resmi merilis kampanye Shopee 6.6 Great Mid-Year Sale, pada hari ini (15/5),…

4 hours ago

HUT ke-15, BINUS Online Hadirkan 15.000 Konten Pembelajaran untuk Masyarakat

MIX.co.id - Memasuki usia ke-15 di tahun ini, BINUS Online telah mencetak lebih dari 9.000…

6 hours ago

Kampanyekan #JADIBISA, J&T Express Luncurkan J&T Connect Preneur

MIX.co.id - J&T Express resmi merilis kampanye #JADIBISA, pada hari ini (15/5), di Jakarta. Melalui…

12 hours ago

GSK, Kementerian Kesehatan, dan Empat Asosiasi Medis di Indonesia Edukasi tentang Pentingnya Vaksinasi Lengkap

MIX.co.id - Rayakan Pekan Imunisasi Dunia (PID) 2024, Kementerian Kesehatan dan empat Asosiasi Medis bersama…

13 hours ago

Dongkrak Penetrasi di Indonesia, Yup Perluas Akses Asuransi Digital

MIX.co.id – Penetrasi asuransi di Indonesia relatif rendah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, tingkat penetrasinya…

15 hours ago

Kerja Sama MNC Life – Treasury Hadirkan Asuransi Kecelakan Diri

MIX.co.id – MNC Life menjalin kerja sama dengan Treasury dengan menghadirkan produk untuk memberikan nilai…

1 day ago