Brand Activation Community

Integrasi Antara Shopper Marketing dan Community Based Marketing

 

 

Sam dan Liz mempersiapkan resepsi pernikahan mereka sejak lebih dari dua tahun sebelumnya. Namun, badai salju musim dingin 2009 hampir saja menghancurkan rencana itu. Betapa tidak, resepsi sekali seumur hidup rencananya diadakan di sebuah daerah 30 menit perjalanan darat dari Philadelphia, AS. Senagian besar tamu melakukan perjalanan dari Australia untuk menghadiri itu, tinggal di The Ritz-Carlton.

Tiba-tiba badai salju melanda Philadelphia. Jalur transportasi ditutup karena salju bisa membahayakan pengguna jalan, perusahaan – termasuk hotel — dilarang melakukan transfer rombongan tamu karena berbahaya. Para tamu yang sedianya menghadiri resepsi pernikahan Sam dan Liz tertahan di kota. Mereka menelpon keluarga Sam untuk memberi tahu kondisinya.

Banyak tamu Sam memberitahu kemungkinan mereka tak bisa menghadiri acara itu. Keluarga Sam menelpon manajer hotel Ritz-Carlton pukul 09.00. Beruntung manajemen Ritz-Carlton merespon. Menurut mereka, satu-satunya kesempatan untuk menyelesaikan masalah besar adalah memindahkan resepsi dari di luar kota ke dalam kota dan di Grand Ballroom Ritz-Carlton. Manajemen menawarkan solusi itu dan keluarga Sam dan Liz setuju.

Sekarang manajemen Ritz-Carlton ditantang untuk mempersiapkan resepsi pernikahan dalam waktu hanya empat jam di tengah badai salju parah. Badai salju membutakan telah diberikan kondisi jalan berbahaya dan, apa yang lebih, semua transfer perusahaan telah ditutup, menjebak tamu pernikahan di kota. Dalam empat jam, staf hotel mengatur upacara megah dalam hotel aula besar itu.

Menu yang sesuai dengan pesanan, mulai dari sup, makanan penutup, bunga, hingga fotografer disiapkan tepat waktu dan tanpa cela untuk menyambut pengantin. Tinggal kue penganten yang dipesan keluarga belum ada. Tiba-tiba dapat kabar kue pengantin itu pecah sesampainya di hotel. Pastry Chez Ritz-Carlton memperbaiki kue rusak itu hanay dalam waktu sejam sebelum resepsi dimulai.

Beuntung beres. Selama acara pernikahan, Director of Banquets dan the Director of Meetings and Special Events mengambil foto pengantin baru dan menempatkannya dalam bingkai perak Ritz-Carlton. Tanpa sepengetahuan kedua mempelai, foto yang disertai kartu ucapan pernikahan yang ditandatangani semua staf orang hotel ditaruf di kamar suite hotel tetangga di mana pasangan pengantin akan tinggal untuk malam pertama mereka. Dua Direksi Ritz-Carlton itu mengawal pasangan pengantin ke hotel tersebut. Perjalanan lambat karena melalui jalan bersalju setebal 18 inci. Toh sampai juga.

Pasangan itu terheran melihat foto pertama dari pernikahan mereka bersama dengan hadiah kartu tanda tangan Ritz-Carlton menunggu mereka di suite hotel. Cerita yang sangat personal ini dimuat sebagai berita utama di surat kabar Philadelphian dengan judul tepat “Wedded Blizz“. Cerita itupun beredar jadi pembicaraan dari mulut ke mulut.

Dalam marketing communications semua moment merupakan touch point, termasuk service yang diberikan Ritz-Carlton kepada pelanggannya itu. Unik dan menarik perhatian banyak orang. Ini sekaligus memberikan gamabaram bahwa cara unik menarik pelanggan sangat bergantung pada kreativitas untuk menarik perhatian dan omongan dari mulut ke mulut. Biaya bisa saja bervariasi, biasanya juga tinggi, tapi ini jelas merupakan suatu taktik gerilya yang dapat diandalkan dan menunjukkan cara berpikir out of the box.

Sejatinya, menyediakan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan sehingga mampu meningkatkan kesadaran, loyalitas, dan penjualan merek sejatinya bukanlah konsep pemasaran baru. Selama bertahun-tahun, perusahaan telah menawarkan sampling produk misalnya di toko bahan makanan lokal, demonstrasi di pameran perdagangan, dan kesempatan lainnya yang memungkinkan pelanggan beinteraksi dengan produk secara langsung.

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Hadir di Indonesia, Tumbler frank green Usung Sustainable Lifestyle

MIX.co.id - Pada kehidupan modern saat ini, berbagai aktivitas manusia sering memberikan dampak buruk terhadap…

1 day ago

Jelang Nataru, Indosat Optimalkan Jaringan di 15.731 Lebih Lokasi

Director & Chief Technology Officer Indosat Desmond Cheung, President Director & CEO Indosat Vikram Sinha,…

2 days ago

wondr by BNI Berbagi Tips Rencanakan Liburan Akhir Tahun

MIX.co.id - Menyambut liburan akhir tahun, BNI melalui wondr by BNI berbagi tips untuk menikmati…

2 days ago

PLN Berkolaborasi dengan Alunjiva Gelar “Synergy Fest 2024”

MIX.co.id - Memanfaatkan momentum Hari Disabilitas Internasional, PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Alunjiva Indonesia menggelar…

2 days ago

Gandeng Solventum dan PDGI, Cobra Dental akan Gelar “Denta Festiva 2025”

MIX.co.id - Cobra Dental berkolaborasi dengan Solventum dan PDGI Cabang Jakarta Pusat menggelar “Denta Festiva…

2 days ago

Rayakan HUT ke-25, One Piece x Tahilalats Gelar ‘Party at The Pier’

MIX.co.id – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-25, One Piece, salah satu seri…

2 days ago