Aneka Tambang, The Best Corsec of the Year 2015

antam360

Corporate Secretary PT Aneka Tambang (Antam), The Best Corsec of the Year 2015, kategori mining industry

Tantangan sebagai corporate secretary (Corsec) perusahaan tambang yang sudah go public sangat besar. Tidak hanya menangani isu perusakan lingkungan yang biasanya didengungkan oleh LSM, soal keselamatan kerja, dan Corporate Social Responsibility perusahaan, Corsec perusahaan tambang juga harus mengelola komunikasi perusahaan dengan para pemegang saham dan media yang mewakili publik. Tantangan lebih besar lagi ketika perusahaan tambang yang sudah listing di Bursa Efek ini adalah juga Persero atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Tantangan ini agaknya cukup berhasil dihadapi oleh Corsec PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. yang sekitar 35% sahamnya dimiliki oleh publik, dan sebagian besar sisanya masih dimiliki oleh Pemerintah. Wartawan yang biasa meliput isu bisnis dan ekonomi di Jakarta memilih Tim Corsec Aneka Tambang dalam polling PR of the Year 2015 untuk ketegori Corsec Perusahaan Mining.

Salah satu isu yang berhasil dihadapinya baru-baru ini adalah tentang desas-desus rencana privatisasi lagi saham Pemerintah di BUMN ini. Ketika isu ini muncul ke media, Corsec Division Head PT Antam Tbk. Tri Hartono menjadi buruan media yang ingin mendapatkan konfirmasi tentang isu ini. Dan Tri harus persisten menjawab berbagai pertanyaan media tentang hal ini.

Peran Tri Hartono sebagai Corsec Division Head memang sangat strategis. Tak heran kalau Antam menunjuk pejabat karirnya untuk menduduki posisi ini sejak 2013. Karena selain sangat menguasai lapangan—karena Sarjana Teknik Tambang Metalurgi Institut Teknologi Bandung ini sudah bergabung dengan Antam selama hampir 20 tahun, Tri pernah menduduki berbagai posisi kunci seperti VP Operation Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara, Operation Division Head Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia, dan Logam Mulia Business Unit Head.

Dengan pengalaman yang beragam di berbagai posisi tersebut, Tri Hartono sangat menguasai berbagai informasi dan penjelasan teknis yang dibutuhkan baik oleh rekan media maupun para pemegang saham. Informasi berupa rilis media baik lewat push email dan website kerap juga digunakan Corporate Secretary untuk menjangkau rekan media agar dapat terpublikasi secara cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)