Protokol New Normal Restoran

Staf harus mengenakan masker, ruangan diatur sesuai dengan aturan jarak fisik, pembatasan pengunjung, menyediakan handsanitizer, daftar menu sekali pakai atau menggunakan sistem digital (QR)

Restoran dan café merupakan salah bisnis yang sangat terpukul oleh pandemic Covid 19. Sebagian besar pemain di bisnis adalah UMKM. Untuk menyelamatkan bisnis ini, pemerintah di beberapa negara mencoba melakukan relaksasi.  

Ini juga dilakukan di Sacramento, negara bagian California, AS. Mulai Jum’at ( 22/Mei/20), warga Sacramento County, Kalifornia, AS bisa menikmati makan-makan di restoran dan kafe. Pemerintah melonggarkan aturan tinggal di rumah setelah kasus infeksi di wilayah tersebut mencapai 1 dijit.

Namun demikian, warga Sacarmento harus mengenakan penutup wajah saat berada di dalam tempat-tempat umum, seperti toko kelontong dan kantor, jika mereka tidak dapat menjaga jarak enam kaki dari yang lain.

Arahan terbaru dari Depertemen Kesehatan Masyarakat Sacramento itu juga memungkinkan restoran dan toko untuk membuka kembali. Sebelumnya, lebih dari dua bulan restoran dan toko di Sacramento tutup.

Tetapi akan ada persyaratan untuk pelanggan, pramusaji dan staf dapur, termasuk penutup muka, pembatasan jumlah pengunjung, pengaturan posisi meja sehingga pada jarak tertentu dan hanya makan dengan anggota rumah tangga – bila ramai-ramai – atau sendiri.

Departemen Kesehatan Masyarakat California menyetujui Sacramento untuk terus memodifikasi pesan tinggal di rumah. Pesan tinggal di rumah di wilayah itu  berakhir pada tengah malam pada hari Jumat. Pegaturan baru tersebut tetap berlaku sampai county mencabutnya.

Berbagai bisnis juga diperbolehkan untuk melanjutkan operasi pada hari Jumat di siang hari, termasuk jasa perawatan hewan peliharaan dan toko ritel. Transportasi umum juga diizinkan untuk dibuka kembali sepenuhnya.

Pemerintah setempat meminta semua warga untuk memakai masker atau penutup wajah setiap kali mereka pergi ke luar rumah mereka dan berada di tempat-tempat umum. Masker diharuskan bila tidak dapat menjaga jarak dejauh enam kaki.

Namun demikian, mengenakan penutup wajah tidak diperlukan saat melakukan rekreasi di luar ruangan seperti berjalan, hiking, bersepeda, atau berlari kecuali jika orang-orang berada dalam jarak enam kaki,

Pusat perbelanjaan diizinkan untuk membuka kembali berdasarkan pedoman yang ditetapkan. Kebijakan ini disambut para pengelola restoran. Palladio di Folsom mengumumkan bahwa toko-tokonya melanjutkan "layanan penuh" pada hari Jumat.

Lusinan restoran Sacramento membuka kembali pada hari Jumat dan akhir pekan Memorial Day. Hanya saja, pemerintah setempat mengharuskan mereka menurunkan kapasitas mereka, dan staf restoran akan diminta untuk memakai penutup wajah.

Restoran juga harus menggunakan menu sekali pakai dan tidak menerima uang tunai. Seua staf restoran mengenakan masker, dan meminta pengunjung untuk mencuci tangan saat mereka masuk.

Mereka menyediakan menu digital bagi pelanggan melalui kode QR.  Dengan demikian, mereka tidak lagi menggunakan daftar menu dan pesanan kertas.

Bagi sbagian restoran, pembatasan ruangan bisa menjadi kendala. Untuk mentasai persoalan tersebut,  Sacramento mengizinkan restoran memperluas tempat duduk di luar ruangan ke trotoar dan tempat parkir.

Pemerintah juga meluncurkan program -- yang oleh kota disebut “Farm To Fork Al Fresco” – website yang mempermudah pemilik restoran untuk mengajukan izin.

“Sudah waktunya bagi kita untuk membuka kembali sehingga restoran, usaha kecil dan pekerja kita dapat kembali mencari nafkah. Tetapi penting, kita melakukannya dengan hati-hati sehingga kita tidak memunculkan gelombang infeksi sehingga kita harus menarik kembali,” kata  Walikota Darrell Steinberg  dalam sebuah pernyataan.

Mulai Jum’at kemarin, berbagai bisnis dan layanan lain melanjutkan operasinya. Dokter gigi dapat melakukan perawatan pencegahan, tukang ledeng dan listrik dapat melanjutkan pekerjaan, dan fasilitas perawatan anak dan keluarga dapat dibuka kembali, semua dengan batasan. Namun demikian, kegiatan di luar ruangan seperti pesta barbekyu dan pesta biliar tetap dilarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)