Tengoklah Tik Tok: Kini Punya 1,5 Miliar Pengunduh

Pengguna TikTok kini melampaui Facebook, Instagram, Messenger, dan Snapchat. Walaupun aplikasi ini tampaknya tidak jauh berbeda dari aplikasi looping, berbagi video lainnya, TikTok telah menarik  konsumen yang memiliki kecenderungan menonton konten video, terutama video-video konyol.

Per November 2019, menurut laporan Sensor Tower, TikTok telah mencapai lebih dari 1,5 miliar unduhan. Ini sekaligus menjadikan TikTok sebagai aplikasi non-game keempat yang paling banyak diunduh selama 2018. Tahun ini, aplikasi video pendek ini memiliki 614 juta unduhan atau – untuk periode yang sama -- 6 persen lebih banyak dari pada tahun lalu.

TikTok adalah sebuah platform di mana pengguna mengunggah video 15 detik yang diatur ke cuplikan audio dari basis data aplikasi, mulai dari suara atau dialog yang tidak masuk akal hingga klip anime yang tidak jelas. Jika Anda belum pernah menggunakan aplikasi ini, mungkin TikTok lebih mudah untuk mempersepsikan sebagai reinkarnasi dari Snapchat, atau Vine.

Platform-platform ini kontennya berantakan. TikTok juga demikian, meski cepat berubah; efek dari kebaruannya terasa di seluruh budaya pop dan mengalir ke industri musik. Namun menjelang akhir tahun ini, aplikasi ini menawarkan 500 juta pengguna bulanan, ditambah penampilan bintang tamu dan artis yang dapat memuji awal karier mereka secara tunggal ke platform. Ini menggambarkan bahwa  bahwa TikTok memiliki kelas yang berbeda.

Sejak popularitasnya meningkat tahun ini, aplikasi, yang telah dimiliki oleh konglomerat media China sejak 2017, telah di bawah pengawasan untuk berbagai masalah, termasuk pelanggaran privasi data dan penelitian perangkat lunak pengenalan wajah. Meskipun demikian, TikTok tetap bertahan. Bahkan Coldplay, yang menjadi salah satu artis musik terbesar di dunia sebelum media sosial, telah membuat akun TikTok.

Bintang pop dan pembuat konten internet sama-sama menemukan bahwa TikTok hanyalah cara lain untuk memotong perantara: membiarkan para pendengar yang paling tahu apa yang paling ingin mereka dengar, tanpa membiarkan radio berputar atau pertunjukan televisi larut malam mendikte itu untuk mereka.

Statistik TikTok

-TikTok memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna.

-60% dari pengguna aktif bulanan aplikasi di AS berusia 16 hingga 24 tahun.

-TikTok menciptakan fitur e-commerce.

-Orang Amerika telah menghabiskan lebih dari $ 23,1 juta untuk mata uang virtual TikTok sejak 2018.

-Hanya 4% dari pemasar media sosial A.S. menggunakan platform ini.

-Basis pengguna TikTok sebagian besar berbasis di India yang mencapai 43% pengguna baru.

-Pengguna biasanya menghabiskan sekitar 52 menit per hari di aplikasi.

-Penggunaan aplikasi Android lebih populer daripada iOS.

-Tingkat rata-rata engagement TikTok sebesar 29%.

-TikTok adalah satu-satunya aplikasi global top 5 yang tidak dimiliki oleh Facebook.

-Pria lebih sedikit menggunakan TikTok daripada wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)