Tengoklah Tik Tok: Kini Punya 1,5 Miliar Pengunduh

Pengguna TikTok kini melampaui Facebook, Instagram, Messenger, dan Snapchat. Walaupun aplikasi ini tampaknya tidak jauh berbeda dari aplikasi looping, berbagi video lainnya, TikTok telah menarik konsumen yang memiliki kecenderungan menonton konten video, terutama video-video konyol.

Per November 2019, menurut laporan Sensor Tower, TikTok telah
mencapai lebih dari 1,5 miliar unduhan. Ini sekaligus menjadikan TikTok sebagai
aplikasi non-game keempat yang paling banyak diunduh selama 2018. Tahun ini, aplikasi
video pendek ini memiliki 614 juta unduhan atau – untuk periode yang sama -- 6
persen lebih banyak dari pada tahun lalu.

TikTok adalah sebuah platform di mana pengguna mengunggah
video 15 detik yang diatur ke cuplikan audio dari basis data aplikasi, mulai
dari suara atau dialog yang tidak masuk akal hingga klip anime yang tidak
jelas. Jika Anda belum pernah menggunakan aplikasi ini, mungkin TikTok lebih
mudah untuk mempersepsikan sebagai reinkarnasi dari Snapchat, atau Vine.

Platform-platform ini kontennya berantakan. TikTok juga
demikian, meski cepat berubah; efek dari kebaruannya terasa di seluruh budaya
pop dan mengalir ke industri musik. Namun menjelang akhir tahun ini, aplikasi
ini menawarkan 500 juta pengguna bulanan, ditambah penampilan bintang tamu dan artis
yang dapat memuji awal karier mereka secara tunggal ke platform. Ini
menggambarkan bahwa  bahwa TikTok memiliki
kelas yang berbeda.

Sejak popularitasnya meningkat tahun ini, aplikasi, yang
telah dimiliki oleh konglomerat media China sejak 2017, telah di bawah pengawasan
untuk berbagai masalah, termasuk pelanggaran privasi data dan penelitian
perangkat lunak pengenalan wajah. Meskipun demikian, TikTok tetap bertahan.
Bahkan Coldplay, yang menjadi salah satu artis musik terbesar di dunia sebelum
media sosial, telah membuat akun TikTok.

Bintang pop dan pembuat konten internet sama-sama menemukan
bahwa TikTok hanyalah cara lain untuk memotong perantara: membiarkan para
pendengar yang paling tahu apa yang paling ingin mereka dengar, tanpa
membiarkan radio berputar atau pertunjukan televisi larut malam mendikte itu
untuk mereka.

Statistik TikTok

-TikTok memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna.

-60% dari pengguna aktif bulanan aplikasi di AS
berusia 16 hingga 24 tahun.

-TikTok menciptakan fitur e-commerce.

-Orang Amerika telah menghabiskan lebih dari $
23,1 juta untuk mata uang virtual TikTok sejak 2018.

-Hanya 4% dari pemasar media sosial A.S.
menggunakan platform ini.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)