PR profesional itu adalah pendongeng

Praktik public relations makin berubah. Dulu, Tim humas perusahaan mana pun ibarat kura-kura di dalam tempurungnya. Mereka muncul hanya jika ada krisis untuk meneglola atau menulis siaran pers. Tapi di era penceritaan seperti sekarang ini, Tim PR kini berubah menjadi teller dan penjaga cerita sebuah merek. Di era penceritaan, narasi yang koheren sangat penting untuk kesuksesan sebuah merek.

Di era penceritaan, seni bercerita tentang merek, kata Luke Mackay, associate director di perusahaan PR Edelman, menggunakan pesan yang mengilhami percakapan dan berbagi di antara khalayak sasaran. "Peran PR disini adalah mencari cerita yang akan membawa pesan merek ke arena percakapan atau menciptakan percakapan. Wartawan adalah profesional yang sibuk, memberi mereka cerita setengah matang bukanlah pilihan. Begitu pula jika ceritanya diputar di media sosial, maka perhatian penonton pun terbatas. Hanya cerita yang berkualitas yang dipikirkan dengan baik, bisa menjadi daya tarik. "

Mackay mengatakan ada satu bahaya dengan cerita, dan itu bisa menjadi lebih besar daripada pesannya. Dia menawarkan saran ini, "Dalam banyak hal, cerita yang dibuat oleh profesional komunikasi harus dianggap sebagai perumpamaan - kendaraan untuk menyampaikan informasi. Seperti semua perumpamaan lainnya, ceritanya hanya bekerja jika mereka menyampaikan pesan ringkas dan jelas yang bisa dipahami oleh khalayak sasaran. "

Saat ini publik mengkonsumsi media dan cerita telah berubah. Seiring eksistensi masyarakat dan hari ke hari, komunikasi publik sekarang menjadi lebih dan lebih visual, video menjadi tren teratas selama beberapa tahun ini. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa rata-rata orang menonton setidaknya satu video setiap hari. Salah laporan menyebutkan bahwa pada tahun 2020, 75% lalu lintas mobile diisi oleh format video.

Video meledak pada 2016 dan terus mendominasi percakapan sampai beberapa tahun ke depan. Meskipun ada beberapa pengungkapan terbaru tentang angka penayangan video yang meningkat, video akan terus menjadi aset utama dalam menjangkau khalayak target Anda.

Situasi ini memunculkan tantangan tersendiri. Begitu konten video konsumen sekarang jenuh dengan, beberapa komentator dan berpendapat bahwa Anda memiliki jendela hanya tiga detik untuk mencengkeram audiens Anda. Ini menghadirkan tantangan yang lebih besar lagi bagi para profesional merek dan komunikasi pada tahun 2017. Konten harus eye catching dan tajam.

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan video dan alat visual lainnya - seperti infografis, gambar dan tayangan slide - dalam kampanye PR mereka. Seperti halnya dengan fotografi PR yang hebat yang sangat membantu menjual cerita PR, visual yang mudah dikembangkan dan hemat biaya akan membantu cerita Anda dibagikan dan sukses di dunia cepat yang cepat mengonsumsi kita hidup.

Dalam beberapa hal, memiliki strategi PR yang baik sama pentingnya dengan merek perusahaan atau memasarkan produk. Jika publik mengetahui sebuah perusahaan hanya karena serangkaian kejadian yang tidak menguntungkan, maka itu menunjukkan bahwa tim PR tidak melakukan tugasnya dengan baik. Tim PR yang baik dapat mewakili perusahaan sedemikian rupa sehingga menjadikannya menonjol di bidangnya - dengan kata lain, tim PR harus bersikap proaktif dan bukan reaktif.

Untuk itu, kepala departemen PR harus bisa memimpin, mewakili direksi dan menciptakan strategi merek. Mereka harus, dalam banyak hal, menjadi tangan kanan CEO; bertindak sebagai juru bicara, mewakili, dan bahkan penjaga pintu yang melindungi waktu dan merek CEO itu sendiri.

Hari-hari ini perusahaan ditantang untuk memiliki narasi koheren yang sangat penting untuk kesuksesan sebuah merek. Selain menjadi kepala pelayan narasi merek, tim PR juga harus berfungsi sebagai chief storyteller. Meskipun bukan merupakan peran yang mapan di kebanyakan perusahaan, namun ini penting bagi praktisi PR. Inilah alasan utama mengapa kita sering merekrut mantan jurnalis untuk memimpin usaha PR di pasar baru. Wartawan yang baik tahu bagaimana cara menceritakan sebuah kisah hebat, dan PR yang baik membutuhkan keterampilan yang sama.

Untuk itu, perusahaan harus memikirkan kembali peran PR dalam berbagi dan menceritakan kisah merek tersebut, memberi mereka lebih banyak kekuatan atas bagaimana cerita tersebut diceritakan, namun juga memfasilitasi koordinasi antara semua pihak yang bertanggung jawab untuk mengirimkan informasi ke masyarakat. Misalnya, tim PR perlu bekerja sama dengan tim pemasaran dan penjualan untuk memastikan bahwa kampanye yang dilaksanakan oleh tim pemasaran tidak bertentangan dengan pesan merek yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)