Anugerah Jurnalistik Aqua V, The Best Media Relations Program

aqua

Media sebagai salah satu stakeholder perusahaan, dinilai Aqua, sebagai elemen penting dalam sebuah proses bisnis. Oleh karena itu, sejak lima tahun terakhir Aqua menggelar program “Anugerah Jurnalistik AQUA” (AJA) sebagai bentuk upaya untuk menjalin hubungan baik dengan media. Pada tahun kelima pelaksanaannya (tahun ini), AJA mengusung tema “Kelestarian Air dan Lingkungan sebagai Tanggung Jawab Bersama.”

Tema ini relevan dengan industri di mana Aqua berada, yaitu industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Alasan lain pemilihan tema ini adalah karena isu lingkungan belum begitu diminati media dan pegiat social media. Berita positif tentang lingkungan kecenderungan tidak menjadi prioritas mereka. Khusus media, mereka bahkan lebih tertarik pada berita negatif seperti banjir dan tanah longsor. Selain itu, masih banyak pemberitaan negatif dan tidak terarah mengenai lingkungan, baik di media konvensional maupun sosial, sehingga harus dilakukan balance story. Wartawan dan pegiat media sosial juga jarang mendapatkan apresiasi untuk menuliskan isu lingkungan yang positif dan inspiratif. Dan alasan terakhir, wartawan yang sering berpindah desk, sehingga edukasi mengenai lingkungan harus dilakukan terus menerus.

Pada program “AJA V” ini, Aqua mematok sejumlah objektif. Pertama, mendorong wartawan dan pegiat sosial media untuk menghasilkan karya-karya dengan topik lingkungan lebih banyak lagi agar dapat menginspirasi publik untuk melestarikan air dan lingkungan. Kedua, membuat seimbang pemberitaan dan jejak digital, baik di media konvensional maupun media sosial. Ketiga, mendorong wartawan dan pegiat media sosial untuk menghasilkan karya lingkungan yang positif dan inspiratif dengan memberikan apresiasi. Keempat, mengedukasi isu seputar lingkungan bagi wartawan dan pegiat media sosial.

Program “AJA V” dimulai dengan launching lewat format talkshow dengan menghadirkan para pembicara pakar lingkungan. Tahap kedua, Aqua menggelar Media Visit dan Media Workshop. Tahap ketiga, Aqua menggelar Bloggers Workshop. Tahap keempat, penjurian yang dipimpin oleh Yadi Hendriyana selaku Ketua IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia). Tahap terakhir, awarding, yakni acara puncak penganugerahan sebagai bentuk apresiasi kepada wartawan dan pegiat media sosial yang telah mengikuti “AJA V”.

Program “AJA V” ini berhasil mengundang 2.545 entries, atau naik 50,41% dibandingkan jumlah submission pada tahun sebelumnya. Selain itu, hashtag #AirUntukKehidupan menjadi trendingtopic Indonesia pada saat diadakannya Bloggers Workshop. Tak mengherankan, jika pada perhelatan “PR Program of The Year 2016,” program “AJA V” mampu menjadi pemenang di kategori Media Relations.

Menurut juri “PR Program of The Year 2016” Bambang Sumaryanto, program ini diberi nilai tinggi karena konsistensinya dengan tema lingkungan yang selalu menjadi tema pokok Aqua. Ini penting, karena Aqua akan selalu berpotensi dihubungkan dengan masalah lingkungan,” ujarnya.

#PRofTheYear

#MixAward

#IDBestPRProgram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)