The Best Marketing PR Program 2019
Jenius sedang merayakan ulang tahun ke-2 pada 11 Agustus 2018. Dengan semua pencapaian selama 2 tahun pertama, mereka masih perlu membangun brand awareness dan brand engagement agar diterima dalam top of mind public.
Dengan tujuan itulah Bank BTPN kemudian membuat sebuah kampanye untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang Jenius guna meningkatkan engagement dan angka rekomendasi di masyaraktar (user dan potential user).
Bagaimana caranya? Dengan mulai mulai membangun dan memanfaatkan brand advocates dari existing user, dan menggaet pengguna baru melalui sebuah cerita nyata (real stories) mengenai Jenius dan kehidupan penggunanya, menciptakan sebuah program edukasi untuk memperlihatkan kepada publik bagaimana Jenius bekerja.
Kampanye #Benar2Jenius menyasar segmen digital savvy dengan kisaran usia 17-40 tahun, pria maupun wanita. Untuk engage existing user, mereka membuat program EDM & birthday promo di mana customer bisa sharing perjalanan mereka bersama Jenius dari hari ke hari.
Mereka juga menjalin kolaborasi dengan illustratorlocal untuk menciptakan karya-karya kreatif edisi ulang tahun, seperti merchandie eksklusif, moneymoji, dan app icon. Lalu dengan brand advocator, mereka mengundang untuk menjadi bagian dari co.creators sebagai co-author content, baik dalam bentuk artikel maupun konten video.
Di mediasocial, mereka melakukan kampanye untuk membangun 2 way communications content. Mereka juga mengerahkan karyawannya menjadi brand advocator untuk berbagi konten di media social masing-masing.
“Ini keren, konsep dan pesan menyatu, #benar2jenius,” komentar juri Dyah Hasto Palupi. Sementara Sarita lebih menyoroti kelengkapan kampanye BTPN yang 360 derajat. “Dia ambil banyak pihak, dan disambungkan semua karena pada akhirnya semua orang butuh. Di mediasocial juga bagus banget, semua jalan, dan kampanye bikin orang yang lihat itu keren,” ujarnya.