"Gastro Diplomacy" ala LSPR

Mengusung tema "Food & Expo: The Role of Communication in Promotion Worldwide", Expo Milano 2015 kembali digelar di Milan, Italia, pada akhir Juni ini (27/6). Prita Kemal Gani, salah satu tokoh Public Relations (PR) Indonesia diundang oleh PERFI (The Italian Federation of Public Relations) menjadi salah satu pembicara di sana.

LsprAcara yang dikemas dalam bentuk talkshow itu dibuka oleh walikota Milan Giuliano Pisapia. Berlangsung setiap lima tahun sekali, pada tahun 2010 lalu acara tersebut telah digelar di Shanghai. Pada tahun 2020 mendatang, rencananya acara itu akan kembali digelar di Dubai.

Pada kesempatan itu, Prita yang merupakan President of ASEAN Public Relations Network (APRN) dan juga Founder & Director London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, memaparkan bahwa PR memiliki peran penting dalam mempopulerkan makanan khas suatù daerah. Dengan demikian, negara dapat dikenal oleh masyarakat dunia. Peran itulah yang diemban para duta besar sebagai PR negara yang diwakilinya.

Diuraikan Prita, "Tanpa sadar, para generasi muda juga menjalankan peran PR tersebut. Mereka yang kaitannya sangat erat dengan media sosial, dengan mudah dan murah memberitahukan penduduk dunia mengenai  makanan khas Indonesia favorit mereka. Fenomena ini juga yang membuat para pengguna social media tertarik untuk mencicipi makanan tersebut."

Pada kunjungannya ke Eropa, salah satu organisasi PR dunia, Global Alliance, menunjuk Prita sebagai perwakilan regional untuk wilayah Asia di bawah kepemimpinan Gregor Halff. Penunjukkan itu efektif berlaku pada 1 Juli 2015.

APRN diresmikan pada 2 Juni 2014 lalu di secretariat ASEAN, Jakarta, Indonesia. Berawal dari ide Prita yang juga Ketua Umum PERHUMAS 2011 - 2014 dari Indonesia, bersama dengan Krishnasamy Bhavany, President of Institute of Public Relation Singapore 2002 - 2009 dan Shameem Abdul Jalil,  Former President of Institute of Public Relation Malaysia 2003 - 2007, para pemimpin organisasi PR ini kemudian berinisiatif untuk membentuk wadah bagi para PR ASEAN untuk saling terhubung, menjalin persahabatan, dan membangun pengertian bersama bersiap menghadapi ASEAN Community.

Sementara itu, "LEADING THE PROFESSION GLOBALLY", The Global Alliance (GA) dengan tagline-nya Leading The Profession Globally  (www.globalalliancepr.org) adalah Asosiasi Hubungan Masyarakat dan manajemen komunikasi serta institusi yang mewakili 160.000 praktisi dan akademisi di seluruh dunia. Misi Global Alliance adalah untuk menyatukan profesi humas, meningkatkan standard profesional di seluruh dunia, berbagi pengetahuan untuk kepentingan anggotanya, dan menjadi suara global untuk PR untuk kepentingan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)