Ketika Para CEO Turun Tangan Layani Pelanggan

CEOPelanggan memang menjadi salah satu stake holder kunci perusahaan. Alih-alih mereka kecewa dan beralih ke kopetitor, maka kinerja perusahaan dipastikan akan melorot. Tak mengherankan, jika perusahaan, terutama mereka yang bergerak di bidang jasa, senantiasa mengistimewakan pelanggan. Bahkan, insight tentang kebiasaan hingga kebutuhan pelanggan dicermati betul oleh perusahaan. Buntutnya, demi menjaga kesetiaan pelanggan, loyalty program menjadi jawabannya.

Menariknya, tak hanya level front liner yang bertugas memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Namun, level tertinggi di perusahaan pun memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan mereka. Sejatinya, mulai dari front liner hingga petinggi perusahaan dapat menjadi endorser maupun ambassador bagi perusahaan maupun brand. Dan, memberikan layanan terbaik untuk pelanggan dapat menjadi salah satu mediumnya.

Mau bukti? Tengok saja, bagaimana upaya sejumlah perusahaan di Indonesia yang turut mengerahkan petinggi mereka untuk melayani para pelanggan. Express Group, sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi darat terkemuka di Indonesia misalnya, selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada semua pihak, khususnya pelanggan.

Oleh karena itu, pada Hari Pelanggan Nasional tahun ini, Presiden Direktur (CEO) Express Group Daniel Podiman, turun langsung ke lapangan untuk melayani pelanggan yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 2F. Hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pelanggan yang telah memilih Express Group sebagai sarana transportasinya sehari-hari.

Hari ini (4/9) Daniel Podiman turun langsung melayani pelanggan yang menggunakan taksi Express dengan membukakan pintu taksi, menanyakan tujuan pelanggan, hingga membantu membawakan barang bawaan pelanggan layaknya seorang petugas dispatcher. “Kami sangat berterima kasih kepada para pelanggan taksi Express. Pelanggan memiliki arti yang paling penting bagi kami. Oleh karena itu, pelayanan prima kepada pelanggan selalu menjadi prioritas kami,” kata Daniel.

Aksi simpatik pada Hari Pelanggan Nasional 2015 ini tidak hanya dilakukan oleh Daniel Podiman. Jajaran manajemen Express Group lainnya, yang diwakili oleh Head of Customer Service & Communications Express Group Andi Hermawan, juga turut melayani pelanggan secara langsung. Andi Hermawan bertugas melayani pelanggan yang melakukan pemesanan taksi via Contact Center Halo Express 1500122.

Setali tiga uang dengan Express, XL pun melakukan hal serupa. Pada Hari Pelanggan Nasional, jajaran managemen XL kembali turun langsung memberikan layanan kepada pelanggan. Presiden Direktur XL Dian Siswarini umpamanya, ikut mengunjungi dan berinteraksi langsung dengan pelanggan di salah satu gerai penjualan (Retail Outlet) XL di kawasan Jojoran, Surabaya.

Dian mengatakan, “Untuk menghadirkan kenyamanan dan kepuasan kepada 46 juta pelanggan XL, kami selalu berkomitmen untuk dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, disertai dengan kualitas pelayanan yang terus ditingkatkan. Pelanggan tentunya juga merupakan aset yang penting bagi kelangsungan bisnis kami. Oleh karena itu, kami akan terus mengupayakan agar layanan kami bisa semakin mudah dan terjangkau bagi pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia.”

Asuransi Astra pun demikian. Sebagai wujud terima kasih kepada pelanggan, para petinggi Asuransi Astra turun langsung ke sejumlah bengkel, yang notabene menjadi mitra Asuransi Astra. Di sana, mereka turun tangan untuk melayani pelanggan. “Di sana, para petinggi Asuransi Astra juga mengedukasi mitra bengkel tentang bagaimana seharusnya pihak bengkel dapat melayani pelanggan dengan baik,” ujar Laurentius Iwan Pranoto, Manager Communication & Event Asuransi Astra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)