Mendapatkan liputan media bukanlah satu-satunya alasan untuk membuat siaran pers. Dengan strategi SEO (press release SEO-friendly) yang tepat, siaran pers dapat berfungsi lebih jauh: membantu pembaca menemukan Anda di balik paywall dan bahkan meningkatkan peringkat pencarian situs Anda.
Mendapatkan liputan media – seperti Mix-Marcomm — hanyalah salah satu alasan untuk membuat siaran pers. Yang paling penting dari siaran pers (press release) adalah membangun dan merekatkan hubungan dengan media atau awak media.
Siaran pers bisa memiliki berbagai tujuan lain, termasuk membantu pembaca menemukan Anda dari balik paywall dan bahkan meningkatkan peringkat pencarian situs Anda. Untuk itulah, dalam membuat press release harus memenuhi kaedah search engine optimization (press release SEO-friendly) yang di dalamnya terkandung pula panduan buat jurnalis untuk membuat konten sesuai dengan SEO.
Namun, tidak selalu ada garis lurus antara membuat siaran pers dan meroket di halaman hasil pencarian mesin pencari.
Menurut Search Engine Journal, tautan yang Anda letakkan langsung dalam siaran pers kemungkinan besar tidak akan membantu Anda dalam peringkat pencarian. Google tahu Anda memasukkan tautan tersebut sendiri dan pada dasarnya mengabaikannya; situs newswire biasanya menggunakan tautan no follow, yang tidak menguntungkan SEO Anda secara keseluruhan.
Namun, siaran pers masih dapat menguntungkan peringkat Anda secara keseluruhan.
Kursus Sertifikat SEO PR Daily yang diadakan baru-baru ini membahas cara-cara untuk topik ini. Materi tambahan untuk kursus ini termasuk Panduan Utama Visably untuk Strategi Mesin Pencari.
Seluruh panduan ini sangat berharga, tapi mari kita fokus pada satu bagian saja hari ini. Bagaimana Anda bisa mengoptimalkan siaran pers untuk pencarian? Kami tidak membahas tentang distribusi atau tips dan trik backlink di sini, tetapi cara sederhana Anda menyusun siaran pers itu sendiri.
Semua tips ini berdasarkan panduan Visably.
Sesuaikan kata kunci Anda. Penyesuaian kecil pada kata-kata yang Anda gunakan untuk mendeskripsikan produk Anda (atau aspek lain dari siaran pers) dapat membuat dampak yang besar. Misalnya, Visably mencatat bahwa “kayak portabel” memiliki volume pencarian sepertiga dari “kayak ringan”. Dengan asumsi kayak Anda ringan (karena bukankah semua kayak portabel?), perubahan kecil ini bisa memberi Anda suatu dorongan yang besar.
Jika Anda tidak yakin bagaimana mengukur volume pencarian, mulailah dengan alat sederhana dan gratis seperti Google Trends, yang dengan cepat dan mudah memungkinkan Anda membandingkan dua atau lebih istilah. Temukan panduan yang lebih lengkap untuk menggunakan Google Trends untuk konten di sini.
Soroti kutipan yang dikenal Sebagian besar siaran pers mencakup kutipan dari seseorang. Tetapi jika orang tersebut memiliki nilai pencarian dalam namanya sendiri, Anda bisa mendapatkan keuntungan SEO. Tergantung pada sifat siaran pers, Anda mungkin mengutip CEO Anda, juru bicara selebriti, atau influencer. Semua ini dapat membantu Anda muncul dalam pencarian yang secara tidak langsung terkait dengan produk Anda – tetapi bisa memperkenalkan Anda ke audiens baru.
Page: 1 2
MIX.co.id - Sepanjang 2024, Smartfren telah menggelar rangkaian program corporate social responsibility (CSR) melalui lima…
Isu keberlanjutan kini menjadi fokus global, mendorong perusahaan dan masyarakat untuk menemukan cara yang dapat…
MIX.co.id - Pada kehidupan modern saat ini, berbagai aktivitas manusia sering memberikan dampak buruk terhadap…
Director & Chief Technology Officer Indosat Desmond Cheung, President Director & CEO Indosat Vikram Sinha,…
MIX.co.id - Menyambut liburan akhir tahun, BNI melalui wondr by BNI berbagi tips untuk menikmati…
MIX.co.id - Memanfaatkan momentum Hari Disabilitas Internasional, PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Alunjiva Indonesia menggelar…