Osram Light For Fisherman, The Best CSR of the Year 2015

osram360 Light for Fisherman dari Osram meraih penghargaan sebagai salah satu The Best Corporate Social Initiative (CSR) of the Year 2015

Lewat program Light for Fisherman, Osram berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu The Best Corporate Social Initiative (CSR) pada perhelatan Indonesia PR Program of the Year 2015.

Program ini bertujuan untuk mengedukasi kaum nelayan mengenai teknologi LED yang lebih hemat energi, hemat biaya—sehingga mampu menaikkan pendapatan serta meningkatkan kualitas hidup, dan lebih ramah lingkungan. Dari sisi brand, program ini ditujukan untuk mendapatkan brand awarenesss yang lebih besar sebagai pemimpin pasar dalam industri lampu di LED teknologi.

Program “Cahaya untuk Nelayan” dibagi dalam tiga fase. Fase pertama adalah tahap engagement yang dilakukan untuk membangun hubungan dekat serta mendapatkan kepercayaan nelayan lokal melalui interaksi santai dengan cara mengikuti aktivitas memancing mereka. Proses ini secara efektif membangun kepercayaan dan saling pengertian antara tim Osram dan nelayan, dan membuka jalan bagi komunikasi yang baik menuju fase berikutnya.

Tahap kedua adalah “edukasi”. Tim Osram—dibantu agensi Fortune, membagikan 1.500 lampu LED untuk 400 orang nelayan pemilik perahu kecil. Nelayan yang sudah percaya terhadap Osram diberi pengalaman untuk mencoba lampu tersebut dan mendapatkan bukti bahwa cahayanya seterang lampu tradisional. Pada tahap ini mereka juga dibangunkan kesadarannya bahwa penggunaan lampu LED lebih hemat, bisa meningkatkan pendapatan dan secara tidak langsung akan menaikkan kualitas hidup. Selain dalam bentuk experiential, tahap edukasi ini juga dilakukan dengan menunjukkan video yang menampilkan relevansi dan trust product terhadap kehidupan nelayan. Selanjutnya pada Hari Maritim dunia, Osram membagikan pengalaman tersebut kepada audience yang lebih luas serta Pemda setempat. Fase terakhir adalah tahap membangun kredibilitas dengan mengundang media, serta memfasiltasi mereka untuk berinteraksi langsung denngan nelayan.

Program ini mendapat partisipasi 100% dan secara kualitatif semua target menyatakan senang dengan pengalaman edukatif tentang teknologi LED saat memancing. Penelitian yang dilakukan satu bulan setelah program berakhir menunjukkan partisipasi aktif nelayan dalam program ini berhasil menekan biaya operasional sebesar 62% yang berefek dalam meningkatkan pendapatan mereka.

Juri Bambang Sumaryanto memuji pemilihan target CSR yang fokus ke nelayan, mengingat kompetitor utama Osram telah melakukan kampanye LED besar-besaran di icon-icon kota besar di Indonesia. Namun ia menyayangkan ide bagus ini dieksekusi sekadar berbentuk filantropi dan seremonial sehingga sulit terlihat dampaknya. “Akan lebih baik jika program dilakukan berkelanjutan selama setahun sehingga bisa dibandingkan pengeluaran nelayan dengan dan tanpa LED. Dari situ bisa dikembangkan lagi progam selanjutnya,” usulnya. Di mata juri Hifni Alifahmi, program ini mestinya masuk dalam kategori Marketing PR.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)