SGM #BerduaJadiHebat, Best of the Best Marketing PR of the Year

SGM

Berdua Jadi Hebat dari SGM meraih penghargaan sebagai Best of the Best Marketing PR 2015

Untuk memenangkan persaingan di pasar susu pertumbuhan anak yang sangat kompetitif, Sarihusada meluncurkan produk SGM Eksplor Presinutri+ yang mengusung konsep sinergi dua zat gizi (vitamin C dan D) lewat kampanye bertajuk “Berdua Jadi Hebat.”

Kampanye ini menyasar dua target, yaitu target primer mom's bloggers, konsumen di Jakarta dan Yogyakarta, anak-anak PAUD dan Karyawan Sarihusada; dan target sekunder para ibu, khususnya mereka yang memiliki akses kepada media massa, media digital dan media sosial seperti Website, Facebook dan Twitter.

Lewat kampanye ini, Sarihusada ingin menyampaikan pesan bahwa segala sesuatu akan lebih baik bila dilakukan bersama, dan saling mendukung agar para orangtua memahami pentingnya sinergi, baik dari sisi nutrisi maupun perkembangan anak.

Sarihusada melibatkan pakar gizi untuk edukasi, mengeksekusi berbagai atraksi sinergi untuk menarik perhatian, menggunakan social media secara masif, menggandeng stasiun televisi untuk menayangkan kampanye secara live, menggunakan momentum Hari Susu Sedunia, dan menggandeng dua selebriti yang kerap muncul berdua, yaitu komedian Ronal Surapradja dan Tike Priatnakusumah.

Kampanye diawali dengan pre event pada 20 Maret 2015 berupa talkshow dengan audience jurnalis dan blogger. Talkshow mengangkat tema “Sinergi antara pengetahuan lokal dan keahlian internasional dalam menuntaskan masalah gizi.” Selain sebagai sarana edukasi dan publikasi, talkshow ini juga bertujuan untuk menciptakan conversation #BerduaJadiHebat di social media.

Kampanye dieksekusi dalam berbagai rangkaian kegiatan di dua lokasi. Pada 24 Mei 2015 lewat event Car Free Day di Jakarta Sarihusada menggelar kegiatan long march Sarinah-Bundaran HI-Sarinah dengan melibatkan ratusan ibu dan anak serta sepasang robot beroda dan Balon Zeppelin yang digerakkan oleh remote control. Pada event ini Sarihusada menayangkan atraksi robot menari, pertunjukan musik anak, serta aneka permainan anak. Kegiatan ini juga diisi dengan talkshow oleh dokter spesialis gizi dan berbagai perlombaan untuk anak.

Sedangkan pada 31 Mei 2015, Sarihusada mengajak ratusan anak balita dan ibu yang menggunakan pakaian tradisional untuk mengikuti pawai andong yang telah dihias untuk mengelilingi jalan-jalan strategis di Yogyakarta. Untuk menarik perhatian, Sarihusada menciptakan berbagai permainan anak, dongeng, hiburan serta membuat formasi peta Indonesia oleh gelas-gelas susu. Acara diakhiri dengan minum susu bersama untuk menunjukan pentingnya susu sebagai sumber gizi bagi anak-anak demi pertumbuhan optimal.

Sementara di lini digital, lewat akun YouTube dan Facebook Aku Anak SGM, Sarihusada meng-upload video sneakpeek tentang 'Berdua Jadi Hebat' untuk meningkatkan awareness kampanye. Sarihusada juga mengadakan kompetisi Live Tweet dan Twitpic selama acara berlangsung. Kompetisi ini bertujuan agar #BerduaJadiHebat menjadi buzz dan semakin banyak diketahui oleh masyarakat.

Hasil dari kampanye ini sangat fantastis. Jumlah fans di Facebook Aku Anak SGM bertambah 7.369 fans. Engagement yang tercipta pun cukup tinggi, terdapat 125.491 interaksi berupa share, comments dan likes dalam sebulan. Sementara ketika acara berlangsung, terdapat 1.200 tweets yang berbicara tentang “Berdua Jadi Hebat.” Selain itu, kampanye Berdua Jadi Hebat juga berhasil mendapatkan 186 media coverage dengan PR value mencapai Rp 10,4 milyar.

Berdua Jadi Hebat dari SGM meraih penghargaan Best of the Best Marketing PR 2015 dalam ajang penghargaan Indonesia PR of the Year 2015 yang diselenggarakan oleh Majalah MIX MarComm.

Juri Hifni Alifahmi menilai konsep program MPR ini kuat, menggunakan analogi berdua jadi hebat utk menggambarkan sinergi dua zat gizi, yakni vitamin D dan C. “Eksekusi kreatifnya juga dikemas secara cermat dan inspiratif,” komentar Fahmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)