Tak Hanya Berkutat pada Pers Rilis dan Jurnalis, Seperti Apa Sebenarnya Pekerjaan PR?

Apakah Anda suka mengerjakan tugas yang bervariasi setiap harinya? Apakah Anda senang dengan pekerjaan yang membutuhkan banyak energi dan interaksi dengan banyak orang? Apakah Anda senang membuat cerita-cerita positif dan melakukan pitching ide-ide kreatif sembari mewakili klien Anda? Jika ya, maka Public Relations (PR) adalah karir yang sesuai untuk Anda. Tentu saja, sering atau tidaknya Anda melakukan pekerjaan-pekerjaan yang telah disebutkan di atas sangat bergantung pada perusahaan dan jabatan yang Anda miliki. Kebanyakan dari kita tidak dapat langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan ketika baru lulus dari perguruan tinggi. Hal tersebut juga berlaku di dunia PR. Bekerja di sebuah perusahaan atau agensi PR tidak hanya berkutat pada urusan membuat pers rilis dan bertemu dengan para jurnalis atau penulis saja. Lalu seperti apa saja kah gambaran pekerjaan seorang praktisi PR? Berikut ini gambaran ruang lingkup karir PR menurut Leroy West sebagaimana dilansir oleh situs http://everything-pr.com/.

PRSlideTransparent Apa saja tugas seorang praktisi PR?

Merencanakan dan Mengorganisir Event

Sebagai seorang praktisi PR profesional, Anda harus mampu sebisa mungkin menjembatani dan memfasilitasi berbagai kebutuhan klien, terutama dalam membuat event. Setiap brand atau klien pasti memiliki kebutuhan akan event yang berbeda-beda, ada yang ditujukan untuk meningkatkan awareness, ada yang dirancang dengan format interaksi langsung dengan basis target konsumen yang dibidik klien, bahkan event yang berfokus untuk memperkenalkan atau launching produk atau layanan baru klien. Bahkan, bukan hal mustahil bila Anda diminta untuk membuat acara grand opening di sebuah lokasi baru. Apapun jenis event yang diharapkan klien, sebagai seorang praktisi PR sudah sewajarnya bagi Anda untuk mewakili klien dalam hal komunikasi dengan para external stakeholders, termasuk di antaranya mengundang para konsumen dan media. Hal ini berarti pula, Anda dituntut untuk mampu mengorganisir event dan berbagai presentasi serta memastikan bahwa para audiens atau undangan mendapat beberapa sovenir yang mengingatkan mereka tentang klien Anda.

Membuat Jadwal

Pastikan bahwa Anda selalu membawa kalender yang ter-update di dalam agenda Anda. Beberapa klien Anda mungkin saja merilis produk baru yang bertepatan dengan event lain atau hari libur. Pastikan untuk selalu membuat jadwal event sejak jauh-jauh hari, terutama bila event yang akan dieksekusi berskala besar mengingat bahwa Anda butuh waktu yang memadai untuk mengatur staf dan sumber daya lainnya.

Menjadi Front Man

Ketika Anda telah memiliki cukup banyak pengalaman di dunia PR, Anda akan mulai dipercaya untuk mewakili klien-klien Anda. Anda akan diminta untuk menulis atau membuat pidato, mengatasi pemberitaan negatif, dan memastikan bahwa klien mampu memiliki pemahaman yang baik mengenai bagaimana cara agar dapat bersinergi baik dengan publik atau media.

Bekerja di agensi atau perusahaan PR dapat membuat Anda mendapat banyak pengalaman yang menarik dan beragam. Terkadang, Anda harus mampu berakting ramah dan menebar senyum setiap hari meskipun suasana hati Anda sebenarnya tidak baik. Jika Anda merasa bahwa tugas-tugas di atas sesuai dengan kepribadian Anda, mungkin saja Anda memang cocok untuk berkarir sebagai praktisi PR yang handal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)