4 Taktik Mengukur Kesuksesan Program PR

Bagaimana Anda tahu kalau program PR Anda berhasil, dan apakah ROI yang Anda raih sebanding dengan bujet yang Anda habiskan untuk program tersebut? Mengukur ROI pada program PR tidak semudah mengukur metrik dan analitik seperti di situs-situs social media, tetapi anda masih bisa mengukur efektivitasnya dari beberapa aspek atau usaha yang Anda lakukan.

Measurement-in-PRPertama, menentukan arah. Ketika Anda menjalankan kampanye PR di social media dan kanal lain seperti surat kabar cetak, majalah, dan jurnal perdagangan, Anda harus jeli melihat bagaimana respon aktif konsumen yang akan mengantar kesuksesan program Anda. Selain itu, Anda juga harus pintar-pintar menentukan arah konten program PR Anda dengan ads, artikel, dan sebagainya. Setelah Anda mengurangi dampak dari setiap SEO, PPC, dan iklan berbayar, yang membuat program Anda berhasil akan tergantung dari PR effort Anda. Anda mungkin juga bisa melihat pertumbuhan jumlah followers di akun social media Anda.

Kedua, networking yang kuat. Jika kampanye PR Anda menghasilkan dampak positif bagi target konsumen Anda, divisi penjualan atau sales people Anda akan lebih merasakan pengalaman positif sejak pertama kali 'berjualan'. Konsumen pun akan merasa lebih mudah menyampaikan pertanyaan yang menggiring ke penjualan. Mereka juga akan lebih nyaman dan yakin dengan produk dan 'orang-orang' perusahaan Anda jika program PR yang Anda lakukan meninggalkan kesan positif.

Ketiga, penjualan terjadi lebih cepat. Jika kampanye PR Anda sukses, Anda dapat memotong 10% bahkan lebih dari saat pertama kali Anda mengeluarkan bujet untuk produk atau layanan Anda. Pada akhirnya, hal tersebut memungkinkan staf penjualan Anda untuk menghabiskan waktu ekstra untuk melayani konsumen yang potensial. Semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen, kata kunci dalam pencarian online juga akan secara otomatis memasukkan nama perusahaan Anda, bukan hanya sekadar layanan dan lokasi. Dan saat hal tersebut terjadi, Anda pun dapat melihat progresnya lewat search engine analytics.

Keempat, manajemen krisis. Taktik lain untuk mengukur dampak dari program PR Anda adalah saat hal buruk terjadi. Ketika satu-satunya cara menyelesaikan permasalahan adalah dengan merencanakan kampanye dengan sebaik mungkin untuk me-maintain pangsa pasar dan melindungi nama baik perusahaan Anda, Anda akan melihat bagaimana efektifnya kampanye PR Anda.

Masih ada banyak cara untuk mengukur efektivitas kampanye PR Anda. Namun, penting juga untuk memahami sejauh mana keberhasilannya, apa yang perlu diubah untuk memperoleh hasil lebih baik, dan hal-hal apa saja yang dapat mengganggu pertumbuhan perusahaan Anda. Sampai Anda benar-benar paham bagaimana rencana program Anda berjalan dengan sempurna, Anda memang hanya bisa menyiapkan dan mengeluarkan bujet dan berharap akan menghasilkan sesuatu yang baik. Pastikan Anda tahu progresnya dan apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan potensial lewat PR.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)