TIPS

TIGA LANGKAH ESENSIAL UNTUK PESAN PEMASARAN EFEKTIF

3. Perbarui Profil Sosial Anda. Dari titik ini, profil sosial dapat diperbarui dengan pesan eksternal, sambil menyampaikan elemen kunci dari etos bisnis kepada seluruh staf, termasuk tim pemasaran. Semakin pesan inti ini tersemat dalam segala aspek bisnis, semakin mudah untuk menjadikannya sebagai tautan branding dengan klien. Hal ini membuat mereka lebih selaras tidak hanya dengan operasional bisnis tetapi juga dengan nilai merek yang sesungguhnya, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Latihan ini bertujuan memastikan keterkaitan antara ucapan dan tindakan, serta mengikat pesan lebih dekat dengan pemikiran klien. Bisa jadi, menghasilkan ide kreatif setiap minggu berdasarkan tren terkini membuahkan hasil. Namun, ini bukan cara efektif untuk membangun merek yang kuat.

Menurut Collins dan Porras, “Perusahaan yang berhasil secara berkelanjutan memiliki nilai inti dan tujuan inti yang konsisten, sementara strategi bisnis dan praktiknya terus beradaptasi dengan perubahan dunia.”

Tiga langkah untuk menetapkan pesan pemasaran inti dapat dijelaskan melalui contoh praktis sebuah kedai kopi kecil yang berusaha memperkuat identitas mereknya dalam pasar yang kompetitif.

1. Tentukan ‘Mengapa’ Anda

Kedai Kopi Anda: “Kami menyediakan kopi khusus.”

Mengapa itu penting?

“Karena kami ingin menyediakan pengalaman minum kopi yang unik dan berkualitas tinggi untuk pelanggan kami.”

“Karena dengan pengalaman yang unik dan berkualitas, pelanggan akan merasa istimewa dan dihargai.”

“Karena membuat pelanggan merasa istimewa membangun loyalitas dan komunitas di sekitar merek kami.”

“Karena komunitas yang loyal membantu kami tumbuh secara berkelanjutan dan melawan persaingan.”

Page: 1 2 3

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Perkuat Ekosistem Halal, Hijrahfest 2025 akan Diikuti 91 Brand dan Ribuan Umat Muslim

MIX.co.id - Sejak diluncurkan pertama kali pada 2018, Hijrah Fest berhasil menjadi event komunitas muslim…

1 day ago

Asics Dukung Empat Pelari di Ajang “Tokyo Marathon 2025”

MIX.co.id - Asics Indonesia kembali mendukung para pelari di ajang Tokyo Marathon 2025. Empat pelari…

1 day ago

Siapkan Tenaga Kerja Berkualitas, Sharp Gelar Program “Sharp Class”

MIX.co.id - Saat ini, tantangan bagi para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah menjawab kebutuhan…

2 days ago

Lebih dari Dua Dekade di Indonesia, Hakuhodo International Indonesia Punya Group CEO Baru dan Strategi Segar

MIX.co.id – Hakuhodo International Indonesia (HIID) melanjutkan kepemimpinan organisasinya dan resmi mengangkat Farhana Eldini Devi…

2 days ago

Implora Luncurkan Day to Day Series Dewy Tint

MIX.co.id - Merek kosmetik Implora kembali merilis inovasi terbarunya, Day to Day Series Dewy Tint.…

2 days ago

Indosat dan Indepay Hadirkan Solusi Pembayaran PaybyBank

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bersama Indepay menghadirkan solusi pembayaran dan transaksi…

2 days ago