Dalam rangka merayakan hari jadi yang ke-25, Tupperware menggelar kampanye bertajuk “Tupperware #BAWABEKAL” yang dieksekusi bertepatan dengan Hari Bawa Bekal Nasional yang jatuh pada 12 April 2016.
Kampanye yang dimulai pada Februari 2016 hingga April 2016 ini mengambil tema “Bekal, Awal Kebaikan!” Objektif kampanye ini bukan semata untuk mendorong penjualan produk lunch set Tupperware, melainkan juga sebagai upaya Tupperware menciptakan tren gaya hidup sehat, hemat, dan peduli lingkungan. Kampanye ini menyasar semua segmen, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Namun, dalam kampanye ini, segmen dewasa adalah target utamanya.
Kampanye “Tupperware #BAWABEKAL” mulai digaungkan lewat social media Instagram, Facebook, dan Twitter. Tupperware membuat digital movement sekaligus kontes foto dengan mengajak followers-nya membiasakan diri membawa bekal sekaligus mem-posting bekal favoritnya di akun social media mereka dengan menggunakan hashtag #tupperwarebawabekal dan #bekalitubaik. Hasilnya, gerakan ini didukung oleh lebih dari 100 ribu netizen yang mem-posting bekal mereka di social media juga website Tupperware Indonesia.
Selain melalui channel digital, kampanye “Tupperware #BAWABEKAL” juga dieksekusi secara on ground di sejumlah Tupperware Showroom yang berlokasi di mal-mal di Jakarta. Pada Maret 2016, Tupperware menggunakan mobil Mobile Kitchen-nya untuk semakin engage dengan konsumen dengan berkeliling ke 20 titik kawasan Jabodetabek dan mendatangi perumahan, perkantoran, dan pusat perbelanjaan, dimana konsumen bisa sekaligus mencoba produk-produk Tupperware.
Tupperware juga mendatangi 140 sekolah se-Jabodetabek, untuk menumbuhkan kebiasaan membawa bekal sejak dini melalui program Tupperware “Aku Anak Sehat”. Dalam program tersebut juga diselenggarakan seminar parenting bertema “Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Membawa Bekal ke Sekolah” di 10 sekolah dasar terpilih di Jakarta. Seminar ini menghadirkan pakar psikologi anak dan pakar nutrisi.
Untuk mendorong penjualan, sejalan dengan kampanye “Tupperware #BAWABEKAL”, Tupperware juga mengadakan program promo produk lunch set untuk pembelian produk Tiwi N’ Friends dan Fancy Crystalwave Lunch Set. Penawaran tersebut digelar mulai dari tanggal 10 April 2016-30 April 2016. Hasilnya pun memuaskan. Dibandingkan angka penjualan pada Januari 2016, Tupperware mencatat pertumbuhan penjualan 400% pada April 2016 untuk produk lunch set.
Pada puncak kampanye yang digelar di pelataran parkir Sarinah Thamrin, Jakarta, pada 12 April 2016 yang juga bertepatan dengan Hari Bawa Bekal Nasional, Tupperware membagikan 2.500 produk bawa bekal secara gratis untuk masyarakat. Kampanye “Tupperware #BAWABEKAL” ini sebagai bentuk dukungan Tupperware terhadap program pemerintah, yaitu gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020.
Selain di Sarinah, Tupperware juga mengadakan pembagian produk bekal kepada petugas kebersihan di sekitar MONAS, petugas Transjakarta (Thamrin-Sudirman), petugas kepolisian di 11 pos polisi di sepanjang Medan Merdeka Barat hingga Bundaran Senayan, Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri. Bahkan, Tupperware juga menyasar para pegawai di Kementerian Pendidikan & Kebudayaan RI, dan Dina Perhubungan.
Menurut Eka Sweta Putri, Public Relation and Communication Manager Tupperware Indonesia, inti dari rangkaian kampanye “Tupperware #BAWABEKAL” ini adalah mengedukasi masyarakat untuk mulai membawa bekal dari rumah. “Dengan mengonsumsi makanan dari rumah, selain lebih higienis, juga lebih ekonomis. Tanpa disadari penggunaan akan plastik kemasan juga berkurang,” tambah Putri.
Bambang Sumaryanto, salah satu juri ajang ini menilai, langkah edukasi bekal ke sekolah-sekolah memang paling tepat karena membiasakan anak makan sehat dan masih bisa diatur. “Sekolah SD atau SMP merupakan sekolah sasaran. Tetapi kampanye untuk mahasiswa dan orang kantor? Perlu survei dulu sebelum melaksanakannya dari pada buang sumberdaya, tenaga, dan uang,” katanya.
#PRofTheYear
#MixAward
#IDBestPRProgram