Corcomm & PR

COLDPLAY: BEGINI RAHASIA SUKSESNYA

Dari studio ke stadion dunia, Coldplay memanfaatkan strategi inovatif untuk mempertahankan relevansi dan dominasi di industri musik. Bagaimana mereka melakukannya? Temukan rahasia di balik layar.

.

.

Pekan lalu, kelas Marketing Communcation PGP LSPR Communication and Business Institute mendiskusikan soal kenapa Coldplay sering berhasil dalam show dan albumnya. Rupanya para mahasiswa masih ingat dengan keberhasilan konser pertama Coldplay di Jakarta, November 2023 lalu.

Akhir Juni lalu, Coldplay tampil di Glastonbury 2024 dengan rangkaian penampilan yang kontras selama dua jam. Mereka memadukan lagu-lagu hit stadion dengan tema cinta dan perdamaian. Meskipun dikenal dengan lagu-lagu seperti “Viva La Vida,” dan “Clocks,” mereka tidak hanya menyajikan hit-hits besar.

Lagu-lagu yang mereka sajikan dimulai dengan “Yellow,” diikuti lagu-lagu seperti “Higher Power” dan “Paradise.” Namun, menurut the Standard, setelah penampilan spektakuler awal, Chris Martin membawa energi yang tak terduga, mengajak penonton untuk menyimpan ponsel dan berinteraksi langsung.

Dalam bagian kedua, band ini beralih ke lagu-lagu yang kurang dikenal. Ada lagu belum dirilis “We Pray,” dan kolaborasi dengan BTS dalam “My Universe,” yang hanya ditampilkan melalui proyeksi gambar. Meski beberapa pilihan lagu mungkin kurang akrab, penampilan Coldplay di Glastonbury tetap menunjukkan energi dan kreativitas mereka, meskipun dengan beberapa momen yang tidak terduga.

Glastonbury adalah sebuah festival musik dan seni yang terkenal di dunia, yang secara rutin diadakan di Worthy Farm, dekat Pilton, Somerset, Inggris. Festival ini terkenal dengan tampilannya yang luas dan beragam, mencakup musik dari berbagai genre, tarian, teater, sirkus, cabaret, dan seni lainnya.

Coldplay, band rock terkenal dari Inggris dengan penjualan lebih dari 55 juta album, menurut mahasiswa, sudah terbiasa dengan kesuksesan. Yang menarik adalah strategi yang diambil Coldplay untuk membuat keberhasilannya itu. Tak banyak yang mengetahui bahwa di setiap rilis album baru selalu menghadirkan tantangan tersendiri, dan itu terlihat jelas saat mereka meluncurkan album kelima, “Mylo Xyloto“.

Chris Martin, vokalis dan tokoh utama dari band ini, mengakui bahwa setiap album baru membutuhkan pendekatan yang segar. “Dengan dinamika media dan hiburan yang begitu cepat, setiap peluncuran album harus dianggap sebagai debut kami yang baru,” kata Martin.

“Tidak ada jaminan bahwa mereka yang menyukai ‘A Rush of Blood to the Head’ akan menyukai album baru ini. Jadi, kami memulai dari awal lagi.”

Sebelum memulai tur dunia pada tahun 2012 yang direncanakan berlangsung lebih dari setahun, Coldplay sibuk dengan 60 penampilan di berbagai tempat pada tahun 2011 untuk mempromosikan “Mylo Xyloto“.

Page: 1 2

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Gandeng Selebriti Anang, VIVA Apotek Gelar ‘PESTA’

MIX.co.id – VIVA Apotek menggandeng musisi dan selebriti Anang Hermansyah dalam kampanye promosi terbaru di…

28 mins ago

FKI Ungkap Sanitasi dan Akses Air Bersih Dapat Cegah Stunting

MIX.co.id – Stunting telah menjadi salah satu isu kesehatan serius di Indonesia. Menurut data dari…

56 mins ago

Bermitra dengan Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Selatan, Venteny Gelar Inisiatif “Venteny Untuk UMKM”

MIX.co.id - Venteny Fortuna International menjalin kemitraan strategis dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera…

2 hours ago

Komitmen L’Oreal Luncurkan Inovasi Produk Kecantikan Berbasis Sains

MIX.co.id - Sebagai pionir perusahaan kecantikan berbasis sains, L’Oreal berkomitmen untuk terus menghadirkan terobosan ilmiah…

2 hours ago

Usung Konsep Fleksibilitas, Allianz Life dan Allianz Syariah Luncurkan Flexi Medical Plan

MIX.co.id - Laporan AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) menyebutkan, dalam dua tahun terakhir, 2021-2023, klaim…

3 hours ago

Takeda Global Apresiasi Inisiatif Indonesia dalam Perangi DBD

MIX.co.id - Indonesia menunjukkan kepemimpinan kuat dalam memerangi DBD (Demam Berdarah Dengue). Hal itu ditandai…

3 hours ago