STRATEGI PR DI ERA PANDEMI

Seperti tahun-tahun sebelumnya. Majalah MIXMARCOM akan memberikan penghargaan kepada merek dan praktisi public relations di Indonesia sebagai apresiasi atas kreativitas, fleksibilitas, dan kecepatan serta ketepatan merek dalam beradaptasi pada perubahan. Tahun ini lebih memfokuskan pada strategi di era pandemi. Untuk itu, mulai hari ini hingga pelaksanaan awarding nanti, Mix.co akan menurunkan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan strategi PR di era pandemi.

Strategi public relations (PR) yang berhasil untuk merek dua tahun lalu mungkin tidak efektif hari ini. Sebab bagaimanapun situasi pandemic telah mengubah semuanya dengan sangat cepat.

Namun, kunci kesuksesan sebuah strategi PR untuk bertahan dan berkembang melalui krisis masih tetap, yakni fleksibilitas dan kemauan untuk beradaptasi dengan cara baru dalam berbisnis.

Selama dekade 2009 hingga 2019, peran profesional PR bergeser dari distribusi pers rilis dan promosi massal ke pendekatan yang lebih halus dan terarah. Fokusnya sekarang adalah pada penyampaian cerita dan kepemimpinan pemikiran. Lalu bagaimana cara mendongeng dan berpikir kepemimpinan di lingkungan saat ini? Lebih baik dari yang pernah ada.

Meskipun sulit untuk memprediksi perubahan apa yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan, dalam tulisan di PRDaily, Blair Nicole memaparkan lima strategi yang dapat membantu Anda menyesuaikan kembali rencana PR Anda sekarang agar binis bertahan — atau bahkan berkembang.

1. Kepemimpinan pemikiran

Poin penting yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan strategi saat ini adalah bagaimana merek Anda (atau klien Anda) dapat menambah value (nilai) kepada orang-orang di industri Anda. Arahkan strategi PR Anda pada poin-poin penting tersebut.

Posisikan diri Anda sebagai ahli dalam sesuatu yang Anda kuasai. Tahan dorongan untuk memanfaatkan krisis global hanya untuk mendapatkan publisitas. Orang dapat melihat perbedaan antara seseorang yang hanya mencari perhatian media, dan seseorang yang benar-benar memiliki wawasan ahli untuk dibagikan.

Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut saat mengembangkan strategi kepemimpinan pemikiran:

• Solusi unik apa yang Anda miliki untuk bisnis di industri Anda?

• Bagaimana keahlian Anda meredakan ketakutan orang?

• Bagaimana Anda bisa memimpin komunitas Anda melewati krisis?

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)