BANK SAMPAH GUSLING ALLIANZ

The Best Employee Volunteering

Indonesia's Best Corporate Sustainability Initiatives 2019

Allianz Indonesia peduli terhadap lingkungan hidup. Kepedulian ini diimplementasikan dengan melakukan inisiatif bank sampah yang melibatkan karyawan, agen, dan petugas kebersihan yang bekerja di gedung kantor pusat Allianz, serta masyarakat sekitar.

Sejak 2016, Allianz bersama dengan masyarakat sekitar Kelurahan Guntur, Jakarta Selatan, membangun sistem pengelolaan sampah. Allianz berperan sebagai fasilitator untuk memberikan pelatihan pilah sampah, composting dan manajemen bank sampah serta membentuk kepengurusan bank sampah. Mengingat berlokasi di Kelurahan Guntur, dibentuk Bank Sampah Gusling (Guntur Sadar Lingkungan) yang bertujuan membantu masyarakat sekitar mengurangi penumpukan sampah dan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman.

Tujuan kami adalah mengajak lebih banyak lagimasyarakat untuk mengelola sampah, mulai dari sampah yang dihasilkan sendiri/rumah tangga, sehingga dapat mengurangi volume sampah yang ditimbun ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” papar Arini Bachtiar, Head of Corporate Events & CSR, Allianz Indonesia.

Hingga 2018 Bank Sampah Gusling menggaet 189 nasabah (naik 77% dibandingkan tahun sebelumnya) dengan jumlah sampah yang disetorkan dari nasabah mencapai 8,365 ton. Sedangkan total tabungan nasabah Bank Sampah Gusling sebesar Rp 14.052 juta. Program melibatkan karyawan sebagai volunteer yang berperan sebagai pemilah jenis sampah dan membantu proses penimbangan. Tercatat 56 orang volunteer telah berpartisipasi untuk mendukung kegiatan ini.

Program Bank Sampah Gusling sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan terdekat dari tempat kami bekerja. Keberhasilan program tidak lepas dari kesadaran dan partisipasi yang sangat berarti dari para karyawan, agen juga petugas kebersihan yang bekerja di Allianz Tower,” lanjut Arini.

Terkait program pengelolaan sampah Allianz Indonesia melalui Bank Sampah Gusling, juri IGG Maha Adi menilai bahwa program ini merupakan kegiatan inovatif yang diawali dari lingkungan sekitar, namun berdampak luas. “Cakupannya luas, namun tetap dalam area operasi perusahaan. Melibatkan karyawan secara sukarela, yang dilaksanakan secara berkelanjutan sejak 2016 dan memberikan dampak nyata, membuat program ini layak diapresiasi,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)