MIX.co.id - Menyehatkan masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility yang berkelanjutan menjadi salah satu komitmen yang diusung Herbalife. Hal itu diwujudkan melalui inisiatif CASA Herbalife yang telah digelar sejak 2019 hingga 2023.
Dituturkan Head of Corporate Communications Herbalife Indonesia Intan Pratiwi Darmawanti pada media gathering yang digelar hari ini (19/3), di Jakarta, Herbalife Indonesia berkomitmen untuk mencari solusi dan menjawab tantangan kelaparan global, kerawanan pangan, dan kekurangan nutrisi melalui berbagai inisiatif.
“Herbalife melalui HNF (Herbalife Nutrition Foundation) bekerja sama dengan mitra CASA Herbalife Nutrition, sangat bangga dapat memberikan dukungan terhadap upaya pemerintah dalam memerangi malnutrisi dan stunting serta memberikan akses pendidikan nutrisi yang sehat kepada anak-anak serta masyarakat yang rentan,” ucap Intan.
Komitmen Herbalife Indonesia dalam menanggulangi stunting di Indonesia dimulai melalui kemitraan antara Herbalife dan HNF (Herbalife Nutrition Foundation) dengan Habitat For Humanity Indonesia dalam program pembangunan fasilitas sanitasi sehat, penyediaan akses air bersih, dan edukasi kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.
Program kemitraan dengan Habitat for Humanity Indonesia tersebut dikerjakan menjadi tiga tahap. Program tersebut berhasil membangun berbagai fasilitas sanitasi dan MCK antara lain, 105 unit toilet individu tingkat rumah tangga dibangun, 1 unit sumber air bersih untuk fasilitas mencuci bagi 75 kepala keluarga, 4 unit toilet umum yang menjangkau 60 kepala keluarga dan 1 unit toilet sekolah, 25 unit fasilitas cuci tangan portable telah dipasang, memberikan pelatihan terkait kebersihan, kesehatan dan sanitasi air yang menjangkau 300 warga dan 100 siswa sekolah, hingga mendistribusikan 2.600 voucher belanja bagi keluarga yang berpenghasilan rendah di Kecamatan Mauk.
Hasil lainnya, 1 unit POSYANDU untuk kesehatan wanita, anak, dan remaja dibangun; memberikan penguatan kapasitas 60 kader; pemantauan asupan nutrisi; kampanye dan advokasi buang air besar di toilet telah dilaksanakan guna meningkatkan fasilitas sanitasi yang layak; dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sanitasi dan peningkatan kebersihan untuk memberantas Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait. Hal itu untuk mempersiapkan Desa Kedung Dalem, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang guna mencapai deklarasi ODF Desa.
"Inisiatif CASA Herbalife juga untuk berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs) nomor 3, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia, serta tujuan SDGs nomor 6 yang memastikan masyarakat mencapai akses universal air bersih dan sanitasi," kata Intan.
Sementara itu, dalam mendukung pemerintah mewujudkan gaya hidup sehat dan aktif di masyarakat serta mencapai target nasional - Indonesia Sehat & Bugar - pada tahun 2045, Herbalife menjalin kemitraan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) pada 17 Oktober 2023 lalu.
Director of Public Affairs Herbalife Indonesia Arif Mustolih menegaskan, dalam kemitraan ini, Herbalife dan Kemenpora RI akan bekerja sama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai gaya hidup sehat dan aktif melalui berbagai kegiatan olahraga bersama komunitas serta program pendidikan nutrisi dan kesehatan. Selain itu, menyediakan infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan untuk merangkul gaya hidup yang lebih aktif.
Kegiatan itu akan meliputi Jumat Krida yang diadakan setiap hari Jumat pagi mulai pukul 07.00 di lapangan kantor Kemenpora, Senayan, dengan ratusan peserta dari berbagai komunitas yang berbeda-beda setiap minggunya. Ada juga TARKAM yang merupakan kejuaraan olahraga Kemenpora di tingkat kota/kabupaten yang diselenggarakan selama 3 hari dalam cabor bola voli, bulutangkis, tenis meja, dan senam, dengan melibatkan masing-masing sekitar 400 atlet berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut di 100 kota/kabupaten di Indonesia. Kegiatan lainnya adalah edukasi kesehatan yang diisi berbagai sesi sharing edukasi kesehatan tentang nutrisi, nutrisi olahraga, dan latihan kebugaran.
Berbagai event dengan mengusung tema ‘GET MOVING WITH GOOD NUTRITION’ juga siap dijalankan, seperti 24 RUN2FIT dan 24 GTT. Selain itu, Herbalife nantinya juga akan mendukung dan mensponsori kejuaraan atau turnamen olahraga lainnya yang diselenggarakan oleh Kemenpora atau pihak-pihak terkait lainnya.
Pada kesempatan yang sama, Head of Marketing Herbalife Indonesia Elfrida Viesta Napitupulu mengungkapkan, saat ini terdapat fakta bahw sebanyak 46% orang Indonesia kekurangan asupan protein harian. “Untuk itu, Herbalife berkomitmen ingin mengajak masyarakat luas untuk mencukupi kebutuhan protein harian, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang, serta mengontrol kalori harian,” ucapnya.
Ditambahkan Nutritionist Herbalife Indonesia & Anggota Dietetic Advisory Board (DAB) Herbalife Aria Novitasari, protein memiliki peran sebagai zat pembangun, hanya bisa dilakukan oleh protein dan tidak bisa digantikan dengan nutrisi laninya. “Protein membantu memberi rasa kenyang, membangun dan menjaga massa otot, serta mengganti dan membangun sel tubuh,” pungkas Aria.