Begini Inisiatif Sosial Frisian Flag tentang Gaya Hidup Aktif dan Sehat

Inisiatif sosial Frisian Flag terkait edukasi tentang gaya hidup aktif dan sehat dengan berolahraga dan makanan bergizi kembali digelar di tahun ini. Inisiatif bertajuk "Jr. NBA (National Basketball Association) Indonesia" itu ditargetkan dapat menjangkau lebih dari 12.000 anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan di lebih dari 200 sekolah di Indonesia.

Diungkapkan Felicia Julian, Marketing Director for Consumer Dairy Frisian Flag Indonesia, “Kami sangat antusias dengan kembali diselenggarakannya program Jr. NBA Indonesia, yang dipersembahkan oleh Frisian Flag. Kegiatan ini sebagai upaya kami untuk terus mengilhami anak-anak untuk hidup aktif dan sehat dengan berolahraga dan makanan bergizi,"

Ia menambahkan bahwa inisiatif tersebut selaras dengan itu kampanye perusahaan Frisian Flag, yakni Drink.Move.BeStrong. Melalui kampanye itu, Frisian Flag tetap berkomitmen untuk memotivasi generasi masa depan Indonesia, antara lain anak-anak.

Kampanye Drink.Move.BeStrong dilaksanakan melalui program Jr. NBA Indonesia, yang dipersembahkan oleh Frisian Flag dan Gerakan Nusantara, sebuah program pendidikan gizi untuk mendukung gaya hidup positif dan kebiasaan konsumsi susu setiap hari, yang telah menjangkau lebih dari 1.376.335 siswa dan 19.161 guru di 2.510 sekolah di seluruh Indonesia, sejak dimulai pada tahun 2013. Program ini telah terbukti berhasil memberi dampak positif, termasuk meningkatkan kebiasaan makan makanan dan kudapan sehat serta mendorong gaya hidup aktif.

Sementara itu, menurut Francesco Suarez, Vice President Global Marketing Partnerships NBA Asia, peluncuran program Jr. NBA Indonesia pada tahun 2014 mengawali komitmen jangka panjang NBA untuk perkembangan anak-anak di Indonesia. “Dengan diselenggarakannya kembali program Jr. NBA Indonesia untuk tahun kelima, kami terus membangun inisiatif bagi generasi muda untuk melibatkan lebih banyak anak-anak, pelatih, dan pendidik secara nasional melalui olahraga basket," ujarnya.

Program Jr. NBA Indonesia 2018 dimulai pada akhir Maret ini (24/3) dengan open clinic (pelatihan terbuka) bagi anak-anak di Cilandak Sports Center di Jakarta dan akan berlangsung hingga Juli. "Program ini meliputi serangkaian school clinic, dan diikuti dengan selection camp pada 21 Juli dimana sebanyak 32 anak-anak laki-laki dan 32 anak-anak perempuan terbaik akan dipilih untuk berpartisipasi dalam National Training Camp Jr. NBA pada 27-29 Juli. Pada kegiatan National Training Camp, Frisian Flag menghadirkan legenda atau pemain aktif NBA," lanjut Felicia.

Lebih lanjut Felicia memaparkan bahwa puncak dari National Training Camp adalah terpilihnya delapan anak-anak laki-laki dan delapan anak-anak perempuan berbakat yang nantinya akan dikenal sebagai Jr. NBA Indonesia 2018 All-Stars. "Anak-anak terpilih ini akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman unik bersama NBA di luar negeri, bersama dengan teman-teman Jr. NBA All-Stars dari negara-negara Asia Tenggara lain pada akhir tahun ini. Jr. NBA All-Stars dari Asia Tenggara tahun lalu berkumpul di Shanghai, China, dan menghadiri NBA China Games 2017, sebuah pertandingan langsung NBA yang menampilkan Juara NBA 2017, Golden State Warriors dan Minnesota Timberwolves," ceritanya.

Pada kesempatan itu, peserta juga diberikan pelatihan tentang dasar-dasar olahraga basket dan pentingnya nutrisi tepat. Peserta juga belajar tentang nilai-nilai inti yang diterapkan di Jr. NBA, yaitu nilai Sportsmanship (sportivitas), Teamwork (kerjasama tim), a Positive Attitude (sikap positif) dan Respect (saling menghargai), atau disingkat menjadi S.T.A.R.

Diuraikan Felicia, di Indonesia, temuan Southeast Asian Nutrition Survey (SEANUTS) menunjukkan hubungan antara gaya hidup aktif dan asupan gizi seimbang dengan berat badan ideal, dan bahwa anak-anak yang kurang aktif bergerak dan tidak mengkonsumsi susu memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar untuk menderita kelebihan berat badan dibandingkan dengan anak-anak aktif yang mengonsumsi setidaknya 200ml susu.

Berangkat dari hasil dari temuan tersebut, Frisian Flag bekerja sama dengan program Jr. NBA sebagai bagian dari kampanye Drink.Move.BeStrong untuk mendorong gaya hidup aktif dan makanan sehat bagi generasi muda Indonesia, seraya menekankan pentingnya peranan susu dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, membantu membentuk otot, menjaga tulang tetap kuat hingga menjaga asupan cairan tubuh.

Sebagai bagian dari inisiatif pengembangan olahraga basket dan pemuda oleh NBA di Indonesia, lanjutnya, NBA bekerja sama dengan pemerintah daerah Sumatera Selatan dan pemerintah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta juga menyelenggarakan Akademi Pelatih Jr. NBA. Program ini merupakan serangkaian lokakarya yang mengajarkan pelatihan di lapangan, penguatan dan pengkondisian tubuh, serta pendidikan basket kepada lebih dari 5.700 guru olahraga dari 4.600 sekolah di dua provinsi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)