Bermitra dengan Mundipharma, Kemenkes dan Perhati-KL Gelar Kampanye Nasional “Waktu Indonesia Gargle”

MIX.co.id - Jelang World Oral Health Day yang jatuh setiap tanggal 20 Maret, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (Perhati-KL), serta mitra strategis PT Mundipharma Healthcare Indonesia (Mundipharma) meluncurkan kampanye nasional “Waktu Indonesia Gargle”.

Dalam kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’, masyarakat diedukasi tentang ber-gargle yang dapat dilakukan dengan asas 3T, yaitu Tuang, Teguk, Tengadah. Artinya, Tuang cairan gargle, Teguk dan tahan cairan di kerongkongan, serta Tengadahkan kepala sejauh 45 derajat dan hembuskan napas selama 30 detik.

Resmi dirilis pada hari ini (15/3) secara virtual, kampanye “Waktu Indonesia Gargle” bertujuan memperkenalkan gargle yang bermanfaat untuk meningkatkan kebersihan rongga mulut dan ber-gargle dengan Povidone-Iodine (PVP-I) sebagai perlindungan ekstra untuk pencegahan infeksi Covid-19.

Dijelaskan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan RI Dr. drh. Didik Budijanto, M.Kes, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi, sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

“PHBS ada beberapa tatanan. Pada tatanan rumah tangga, implementasinya seperti cuci tangan dengan sabun dan air bersih, mengonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik setiap hari. Dalam kondisi pandemi saat ini, PHBS juga dapat diimplementasikan dengan melakukan gargle secara rutin,” katanya.

Menurutnya, kampanye nasional “Waktu Indonesia Gargle” penting untuk dilakukan sesuai ketentuan, agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan saluran pernafasan bagian atas dan menjadikan ber-gargle atau berkumur sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ditambahkan Ketua PP Perhati-KL Prof. Dr. dr. Jenny Bashiruddin, Sp.T.H.T.K.L.(K), kampanye nasional “Waktu Indonesia Gargle” merupakan upaya untuk menjangkau masyarakat lebih luas dalam menyebarkan informasi seputar cara ber-gargle, hingga pemilihan cairan gargle yang tepat untuk perlindungan ekstra pada saluran pernapasan atas.

Sementara itu, Dituturkan Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia Adi Prabowo, kampanye nasional “Waktu Indonesia Gargle” merupakan salah satu bentuk komitmen Mundipharma Indonesia dan bagian dari Nota Kesepahaman Peningkatan Upaya Promotif dan Preventif dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat bersama Kementerian Kesehatan, yang meliputi edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk periode Desember 2021 – Desember 2025.

“Mundipharma Indonesia sangat bangga dapat bersinergi dengan Kementerian Kesehatan RI dan Perhati-KL dalam mewujudkan kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’ untuk memperluas edukasi ber-gargle sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Melalui kampanye ini, kami berharap masyarakat Indonesia dapat melakukan gargle dengan baik dan benar agar memperoleh manfaat yang optimal,” harap Adi.

Kampanye ‘Waktu Indonesia Gargle’ akan digaungkan mulai 15 Maret 2022 melalui berbagai program, seperti 24 Hour Gargle Relay, TV roadshow, dan pengumuman berkala di masjid-masjid di sejumlah area di Pulau Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)