MIX.co.id - Tahun 2023, BCA Digital secara proaktif dan konsisten menginisiasi kegiatan literasi, edukasi, dan inklusi seputar manajemen finansial untuk masyarakat umum melalui program bluAcademy. Hal itu sejalan dengan pilar ‘People &Prosperity’ Corporate Sustainability Initiatives (CSI) BCA Digital. Objektif dari bluAcademy adalah memberikan pelatihan sekaligus pembelajaran tentang manajemen, akses, dan instrumen keuangan yang aplikatif dalam keseharian demi mencapai kesehatan finansial yang ideal.
Program dikemas per batch dalam bentuk rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam 2-3 bulan, yaitu workshop secara offline (untuk sesi khusus) dan online melalui webinar dengan memanfaatkan platform Zoom, kuliah WhatsApp (kulwap), dan konsultasi pendampingan sesuai jadwal dan silabus yang telah ditentukan.
Hasilnya, total keseluruhan peserta bluAcademy—baik online maupun online—sepanjang 2023 mencapai 3.519 orang. Terjadi peningkatan rata-rata pengetahuan literasi finansial yang didapatkan para peserta, yakni mencapai 39,8%. Selain itu, program ini juga berhasil meraih PR value sebesar Rp 1.507.500.000. Bahkan, inisiatif ini juga berdampak pada kinerja bisnis, yang ditandai dengan pertumbuhan nasabah Sobatblu yang mencapai 53% dan kenaikan profit sebesar 125%, per Desember 2023.
Program bluAcademy dari BCA Digital berhasil meraih penghargaan “Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024”, untuk kategori Cause Promotion, dengan predikat Very Good. (Dwi)