5 Perusahaan dengan CSR Terbaik

Bagi sejumlah perusahaan, tidak cukup hanya sekadar mengejar keuntungan dan kepuasan konsumen. Beberapa perusahaan di bawah ini melakukan upaya lebih untuk aksi sosial bagi karyawan, komunitas, bahkan dunia. Mereka serius dalam membangun reputasi dan melakukannya dengan total, serta menjadikan kesuksesan mereka sebagai peluang untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Berikut ini adalah contoh perusahaan dengan aksi Corporate Social Responsibility (CSR) terbaik, yang berhasil dirangkum MIX Marcomm dari laman www.business2community.com.

5 Perusahaan dengan CSR Terbaik Ilustrasi

Pertama, Starbucks. Selama lebih dari empat dekade Starbucks berdiri, dan sejak awal beroperasi, kedai kopi asal Amerika itu bekerja keras untuk membangun dan menerapkan etika kerja bagi karyawannya. Majalah Fortune menempatkan Starbucks di posisi kelima sebagai 'Most Socially Responsible Company 2012'. Ada sejumlah alasan yang memperkuat pengukuhan ini. Salah satunya, Starbucks diketahui secara konsisten terus mencari upaya terbaik untuk mengembangkan produksi kopi yang berkelanjutan, atau yang disebut dengan C.A.F.E Practices. Starbucks juga mendukung gerakan 'Ethos Water', yang menyediakan air bersih bagi miliaran orang yang membutuhkan.

Kedua, Disney. Disney sangat dikenal di seluruh dunia. Meskipun perusahaan telah ada sejak lama, Disney merupakan salah satu perusahaan yang reputasinya masih bersinar. The Walt Disney Company memfokuskan sebagian besar bisnisnya untuk aksi tanggung jawab sosial, komunitas, lingkungan, termasuk aksi sukarela. Disney dikenal sebagai penyumbang terbesar untuk korban bencana alam, seperti saat gempa bumi di Haiti pada 2010. Perusahaan juga tertarik dalam aksi melindungi lingkungan, mendukung film-film tentang alam hingga menanam pohon di hutan hujan dan melindungi ribuan hektar terumbu karang.

Ketiga, NuSkin. NuSkin adalah perusahaan personal care yang fokus membantu sejumlah komunitas di seluruh dunia. Salah satu inisiatif NuSkin adalah Nourish the Children. Program tersebut dimulai sejak tahun 2002 dan mendorong para pemimpin perusahaan, karyawan, juga konsumen untuk berdonasi makanan kaya nutrisi bagi anak-anak yang membutuhkan. Tahun 2014, NuSkin mengumumkan ada 350 juta makanan yang telah didonasikan. NuSkin juga menggerakkan Force For Good Foundation untuk menolong anak-anak dari buta huruf, penyakit, dan kemiskinan.

Keempat, Microsoft. Microsoft juga salah satu perusahaan yang memiliki upaya lebih untuk aksi giving back. Bahkan, Microsoft dinobatkan sebagai perusahaan terbaik untuk kegiatan CSR, oleh Reputation Institute. Salah satu aksi yang dilakukan adalah lewat Employee Giving Campaign, dimana karyawan juga turut hadir dalam aksi penggalangan dana untuk lembaga non-profit. Kampanye tersebut dilakukan setiap tahun sejak 1983 dan telah mengumpulkan lebih dari USD 1 miliar dan telah dikontribusikan ke lebih dari 31 ribu organisasi.

Kelima, TOMS Shoes. Produsen sepatu asal California, Amerika, ini mungkin tidak begitu familiar seperti keempat perusahaan di atas, namun aksi sosialnya termasuk impresif. Perusahaan sendiri didirikan atas dasar ide untuk aksi sosial, dimana setiap sepasang sepatu yang terjual, penjualan sepasang sepatu lainnya didonasikan untuk anak-anak yang membutuhkan. Terhitung sudah lebih dari 10 juta pasang sepatu telah didonasikan, dan upaya amal tersebut kini telah menjadi visi perusahaan untuk aksi kepedulian terhadap anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)