Melalui payung kegiatan kemasyarakatan Citi Peka (Peduli dan BerKarya), dengan mitra pelaksana Prestasi Junior Indonesia, Citi Indonesia menggelar acara sharing session ‘Youth Entrepreuner Initiative’ (YEI) yang dikuti oleh perwakilan siswa-siswi dari 6 SMA/SMK di Jakarta, pada Selasa (16/2).
Berdasarkan hasil survei bertajuk ‘Accelerating Pathways’ yang baru-baru ini diluncurkan Citi Foundation dengan The Economist Intelligence Unit (EIU), hampir 80 persen anak muda di kawasan Asia Pasifik, termasuk Jakarta, menunjukkan ketertarikan yang besar untuk berwirausaha.
Berangkat dari fakta tersebut, Citi Indonesia lewat unit program CSR-nya, Citi Peka (Peduli dan BerKarya), bersama Prestasi Junior Indonesia, berencana akan mengirim siswa-siswi SMKN 4 Denpasar, Bali yang berhasil mendirikan perusahaan, untuk terbang ke Korea Selatan dan berkompetisi di ajang Asia Pacific Company of the Year Award.
Dikatakan Elvera N. Makki, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia, “Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan dan kompetisi dalam bidang keuangan dan kewirausahaan Citi, yaitu Growing the Spirit: Youth Entrepreneur Initiative (YEI). Dan kami melihat, saat ini, generasi muda mulai aktif berwirausaha, ditandai dengan banyaknya bisnis start-up yang tumbuh di Tanah Air.”
Dalam pembinaan program YEI selama periode 2014-2015, perusahaan yang dibentuk SMKN 4 Denpasar, Bali bernama 4DEM, berhasil memenangkan kompetisi Student Company Program tingkat Nasional mengalahkan lebih dari 40 SMK lainnya. 4DEM juga terpilih sebagai wakil Indonesia untuk berkompetisi di tingkat selanjutnya, yaitu Asia Pasific Company of the Year, yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan.
4DEM merupakan perusahaan siswa yang memproduksi dan menjual sabun alam yang unik, bermerek Balitural. Dimana semua bahan sabun tersebut secara langsung dibeli dari petani lokal dengan tujuan menghidupkan ekonomi lokal di Bali dan lebih mencintai produk dalam negeri. Melalui program JA Be Entrepreneurial dan JA Company Program para siswa dilatih dan diberi kesempatan untuk berkunjung langsung ke perusahaan sehingga mereka dapat mengamati dan mempelajari secara langsung para pelaku di dunia kerja.
“Melalui serangkaian pembinaan yang dilakukan oleh Citi Volunteers dan pengasahan kompetisi wirausaha, kami mendapatkan banyak pengalaman serta terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Internasional. Kami berharap, 4DEM dapat memberikan inspirasi dan contoh positif bagi teman-teman wirausaha muda lainnya di Indonesia,” ungkap Salmanita Rizki Aatila Gautama (16), Presiden Direktur 4DEM.
Menurut Elvera, fokus utama Citi Peka adalah youth economy opportunity yang membantu generasi muda untuk mendapatkan kesempatan ekonomi yang lebih baik. “Artinya, mereka tak hanya ditempa untuk cerdas dan produktif dalam bekerja, namun dengan berwirausaha, mereka juga dibina untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Kedua, sesuai kebijakan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), program ini mengajarkan generasi muda di area inklusi keuangan, literasi keuangan, dan pendidikan keuangan,” tutupnya.